kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenertec Power System Kembangkan Bisnis Menara Angin ke Mancanegara


Selasa, 26 Maret 2024 / 12:40 WIB
Kenertec Power System Kembangkan Bisnis Menara Angin ke Mancanegara
ILUSTRASI. PT Kenertec Power System adalah satu-satunya perusahaan menara angin di Indonesia. Foto: DOK PT Kenertec Power System


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin (PLTB) Sidrap telah dibangun pada tahun 2017 lalu?.Kebun angin pertama dan terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan ini komitmen Indonesia dalam merealisasikan bauran energi primer Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebesar 23% pada tahun 2025.

Pembangunan PLTB Sidrap yang mengaliri listrik di sebagian wilayah Sulawesi ini  tak lepas dari peran PT Kenertec Power System sebagai pemasok menara angin. Pada proyek tersebut, Kenertec Power System satu-satunya perusahaan pembuatan menara angin di Indonesia yang mengirimkan 30 unit menara angin dari basis produksinya yang berlokasi di Ciwandan, Kota Cilegon, Banten.

“Berdiri di area seluas 29 hektare, PT Kenertec Power System adalah satu-satunya perusahaan menara angin di Indonesia. Selama 17 tahun, kami bekerja sama dengan berbagai perusahaan penyedia layanan turbin angin dunia,” ujar Mr. Choi Chang Don, General Manager Marketing Kenertec Power System, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Senin (25/3). .

Berdiri sejak tahun 2006, menara angin PT Kenertec Power System telah menjulang di puluhan negara yang tersebar daratan Amerika, Afrika, Australia, Asia dan Eropa.  Beberapa kota yang menjadi tujuan ekspor menara angin PT Kenertec Power System di antaranya adalah kota Brisbane di Australia, Port Elizabeth di Afrika Selatan, Vancouver, Houston dan San Diego di Amerika Serikat.

Baca Juga: Porsi EBT Dinaikkan di Revisi RUPTL Terbaru, Menteri ESDM Minta Dihitung Ulang

Sedangkan di Eropa, menara angin PT Kenertec diekspor ke kota Cuxhaven di Jerman, Paldiskti di Estonia serta Klaipeda di Lithuania. Dan di daratan Asia, menara angin PT Kenertec dikirim ke Kandla dan Chennai di India.

Energi angin atau energi bayu menjadi cabang industri energi yang telah berkembang dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir di seluruh dunia. Alasannya karena angin disebut sebagai sumber energi alternatif terbersih karena menimbulkan dampak buruk yang lebih sedikit daripada sumber energi lain.   
Penggunaan energi angin melalui menara angin tidak menghasilkan emisi karbondioksida, gas rumah kaca maupun senyawa kimia berbahaya.

Selain itu pembangkit listrik berenergi angin cenderung menggunakan lebih sedikit lahan daripada pembangkit listrik tenaga alternatif lain, lantaran dapat dibangun di lahan pertanian atau peternakan dan hanya menggunakan sebagian kecil lahan. Menara angin juga terbilang lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang dengan rata-rata usia pemakaian 15 tahun-20 tahun. Kenertec Power System merupakan unit usaha dari Korindo Group yang bergerak di bidang produksi menara angin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×