kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kerek Utilitas, Nusa Palapa Gemilang (NPGF) Belum Anggarkan Capex Untuk Tahun Ini


Senin, 07 Februari 2022 / 16:03 WIB
Kerek Utilitas, Nusa Palapa Gemilang (NPGF) Belum Anggarkan Capex Untuk Tahun Ini
ILUSTRASI. Pabrik pupuk?PT Nusa Palapa Gemilang Tbk (NPGF)


Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Nusa Palapa Gemilang Tbk (NPGF) menyatakan, belum berencana menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk beberapa tahun ke depan. Seperti tahun ini, NPGF akan lebih fokus kepada upaya peningkatan utilitas yang ditargetkan perusahaan pada tahun 2022.

Direktur Nusa Palapa, Imam Subakti mengungkapkan, hingga saat ini tingkat utilitas mesin perusahaan baru sekitar 40% dari kapasitas terpasang. Maka dari itu, NPGF menargetkan tingkat utilitas produksi mereka menjadi sebesar 50% tahun ini.

Salah satu upaya yang ditempuh NPGF untuk memaksimalkan utilisasi produksi tahun ini, yakni dengan meningkatkan modal kerja yang bisa diperoleh lewat pinjaman non bank.

"Kemampuan untuk melakukan pengadaan bahan baku dalam jumlah besar dengan kontrak untuk 12 bulan ke depan akan sangat berkontribusi di dalam peningkatan omzet dan peningkatan margin laba kami," kata dia kepada Kontan.co.id, kemarin.

Baca Juga: Harga Bahan Baku Naik, Permintaan Pupuk NPK Nusa Palapa Gemilang (NPGF) Tetap Tinggi

 

Perusahaan pun optimistis dengan prospek bisnis pupuk NPK di tahun ini. Imam menilai bahwa kenaikan harga crude palm oil (CPO) sejak tahun lalu, turut membuat permintaan pupuk pun ikut melonjak.

"Untuk tahun 2022 kami menargetkan penjualan di angka 100,000 ton dengan nilai sebesar Rp 680 miliar," tuturnya.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, penjualan NPGF tercatat meningkat 5,16% yoy, dari semula Rp 335,06 miliar pada tahun 2020, tumbuh menjadi Rp 352,35 miliar per Desember 2021.

Dari sisi bottom line, laba neto tahun berjalan NPGF adalah sebesar Rp 4,51 miliar, atau menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp 5,35 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×