kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,73   4,98   0.55%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kereta Bandara beroperasi sampai Manggarai


Senin, 04 Maret 2019 / 10:24 WIB
Kereta Bandara beroperasi sampai Manggarai


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta bandara dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan beroperasi sampai di Stasiun Manggarai dalam waktu dekat.

Sebelumnya, kereta tersebut hanya melayani sampai kawasan Dukuh Atas.

“Kereta bandara yang tadinya sampai Dukuh Atas sebentar lagi akan dioperasikan sampai Stasiun Manggarai sehingga semua angkutan-angkutan yang dari Depok, Bekasi bisa mengganti (transit) di tempat itu sehingga kereta bandara bisa point to point,” kata Menhub usai menghadiri acara Dialog Nasional Indonesia Maju di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Minggu (3/3)

Menhub Budi optimistis occupancy atau tingkat keterisian kereta bandara akan meningkat hingga mencapai 60 persen.

“Kalau menurut saya dengan berhenti di Stasiun Manggarai, occupancy kereta bandara ini menjadi 60 persen karena orang Depok, Bekasi bisa langsung. Kalau sekarang ini harus effort sampai ke Dukuh Atas terlebih dahulu,” jelasnya.

Selain kereta bandara, Menhub menjelaskan terkait rencana beroperasinya kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta pada April mendatang.

“MRT rencananya awal bulan Maret ini akan dioperasikan secara khusus dan baru nanti bulan April dioperasikan secara umum. Insyaallah memberikan suatu layanan yang baik,” ungkap Menhub.

Sebelumnya, kajian Institut Studi Transportasi mencatat, tingkat okupansi penumpang KA Bandara hanya 26 persen dengan pukul rata penumpang per hari di rata-rata 5.000 orang. Angka ini dinilai masih terlalu rendah.

Pemerintah sendiri memiliki rencana besar adanya peralihan ke transportasi umum sebesar 40 persen pada tahun 2019 dan 60% pada tahun 2029. (Ria anatasia)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bulan Ini, KA Bandara Beroperasi Sampai Stasiun Manggarai,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×