Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang November 2020 volume pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) menyentuh angka 400.000 orang pada hari kerja, atau yang tertinggi selama pandemi Covid-19 atau sejak Maret 2020. Pergerakan orang pada November ini masih terfokus pada waktu - waktu sibuk.
VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia, Anne Purba, mengatakan, menurut data perusahaan pada Senin 11 November 2020 menunjukkan bahwa pergerakan pengguna terpusat pada rentang waktu 07.00 WIB dan 08.00 WIB. Tercatat lebih dari 72.000 orang menggunakan KRL pada 2 jam itu.
Sementara di sore hari, mobilitas pengguna terkonsentrasi pada pukul 18:00 WIB dengan jumlah lebih dari 40.000 pengguna dalam kurun waktu satu jam.
"Perusahaan mengajak masyarakat yang kembali beraktivitas menggunakan KRL untuk memanfaatkan fleksibilitas jadwal dengan bepergian di luar jam-jam sibuk tersebut guna menghindari kepadatan pada waktu sibuk," ujar Anne dalam siaran resmi, Sabtu (15/11).
Baca Juga: Usai libur panjang, tercatat 113.112 warga gunakan KRL pada Senin pagi
Pihaknya juga berharap kepada berbagai pihak agar dapat melanjutkan metode pengaturan jam kerja sesuai shift agar mobilitas para pekerja dapat terbagi dalam rentang waktu yang berbeda-beda.
"Jam kerja bertahap atau sesuai shift juga lebih dimungkinkan dengan operasional KRL yang telah kembali normal," katanya.
Anne memaparkan, untuk menghindari kepadatan di stasiun-stasiun pada waktu sibuk, pengguna juga dapat melihat informasi kondisi antrean di stasiun melalui aplikasi KRL Access yang tersedia untuk penguna ponsel Android maupun iOs.
Selain itu pada aplikasi ini pengguna juga dapat melihat posisi terkini kereta yang hendak dinaiki, jadwal kereta, dan sejumlah informasi terkait lainnya.
Baca Juga: Stasiun Rangkasbitung akan menjadi stasiun khusus KMT mulai 3 November 2020