kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,33   -2,31   -0.25%
  • EMAS1.396.000 0,07%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Kian Ekspansif, Planet Ban Akan Buka 164 Toko di Tahun Ini


Kamis, 23 Maret 2023 / 14:37 WIB
Kian Ekspansif, Planet Ban Akan Buka 164 Toko di Tahun Ini
ILUSTRASI. Planet Ban berencana membuka 164 toko baru sepanjang 2023


Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Surganya Motor Indonesia atau Planet Ban berencana melanjutkan agenda ekspansi di sepanjang tahun ini. Setelah membuka lebih dari 100 toko pada tahun 2022, perusahaan ini berencana menambah 164 toko baru lagi selama tahun 2023.

Chief Operations Officer Planet Ban Deden Hendra Shakti mengatakan, ekspansi toko bakal dilakukan di sejumlah wilayah, mulai dari Sumatera Selatan hingga wilayah Timur Indonesia, seperti Nusa Tenggara Barat.

"Sampai dengan akhir Februari kami baru realisasikan 45 toko penambahannya. Total toko per Februari sebanyak 1.086 toko," kata Deden ketika dijumpai di Jakarta pada Selasa (21/3) lalu.

Baca Juga: Sepanjang 2022, Planet Ban Sudah Buka Lebih 100 Jaringan Toko Baru

Deden tak bicara lebih detail berapa alokasi investasi yang disiapkan untuk membuka 164 jaringan toko baru tersebut. Dia hanya menyebutkan, nilai investasi yang dibutuhkan cukup bervariasi, bergantung pada lokasi toko tersebut. Namun, rata-ratanya dibutuhkan dana sekitar Rp 300 juta untuk membuka satu toko baru.  

Sehingga berdasarkan hitungan kasar KONTAN, dana investasi yang dibutuhkan Planet Ban untuk menambah 164 toko baru dengan asumsi biaya pembukaan satu toko Rp 300 juta adalah sekitar Rp 50 miliar.

Agenda ekspansi yang dicanangkan tahun ini sejalan juga dengan target pertumbuhan penjualan yang dibidik Planet Ban. Pihaknya mengincar angka revenue dapat meningkat 26% ketimbang realisasi tahun lalu.

Meski demikian, aspek kehati-hatian tetap diutamakan oleh perusahaan, termasuk juga dalam melakukan ekspansi. "Terhadap tahun lalu kami masih optimistis akan tumbuh seiring dengan perbaikan kondisi ekonomi, tetapi untuk sejauh mananya kami masih wait & see," sebutnya.

Tanpa menyebutkan secara rinci, Deden bilang, kinerja perusahaan di tahun 2022 juga masih sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Planet Ban mampu mencetak pertumbuhan penjualan hingga dua digit pada tahun lalu.

Salah satu kunci pertumbuhan bisnis bagi Planet Ban adalah kolaborasi. Belum lama ini, Planet Ban baru saja meneken MoU dengan Gojek untuk menghadirkan bundling menarik bagi mitra driver Gojek di seluruh Indonesia.

"Kami memandang konsumen komersil melalui Gojek ini adalah market yang sangat besar dan harus kami berikan solusi. Itu yang kami siapkan, karena dari sisi populasi angkanya sudah sangat besar. Makannya kami berniat membuat produk-produk yang kami dedikasikan secara karakter fit untuk merek (driver Gojek)," kata Deden.

Baca Juga: Planet Ban dan Gojek Perkuat Kerjasama Strategis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×