CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Kilang Balongan terbakar, Pertamina pastikan pasokan BBM ke Jakarta & sekitarnya aman


Senin, 29 Maret 2021 / 07:34 WIB
Kilang Balongan terbakar, Pertamina pastikan pasokan BBM ke Jakarta & sekitarnya aman
Api membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina mengungkapkan insiden kebakaran pada Kilang Balongan terjadi pada tiga unit tanki pada Senin (29/3) dinihari. Perusahaan pelat merah ini memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) akan tetap terjaga dan menghimbau masyarakat untuk tidak khawatir.

Corporate Secretary  Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya menjelaskan BBM yang diolah di Kilang Balongan merupakan pasokan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. "Kilang RU VI ini untuk pasok ke DKI dan dampak kebakaran kami pastikan suplai Jakarta dan sekitarnya tetap terjaga. Pertamina memiliki pasokan tetap apabila kendala seperti ini terjadi. Kami imbau agar masyarakat tetap normal dalam pembelian BBM," kata Ifki dikutip dari wawancara televisi yang disiarkan Senin (29/3) pagi.

Ifki menambahkan, saat ini fokus penanganan pada pemadaman kebakaran kilang. Untuk itu, Pertamina pun turut mengerahkan bantuan dari unit Kilang lain yakni RU IV Cilacap.

Ifki menambahkan, kerugian saat ini belum bisa ditaksir. Sementara untuk penanganan para korban saat ini korban yang menderita luka bakar sedang tengah di rawat di RS Balongan.

Baca Juga: Kilang Balongan terbakar, Pertamina upayakan pemadaman dan evakuasi warga

Untuk korban luka ringan sudah diperbolehkan pulang. "Ada 10 orang sebagian sudah pulang. Sementara pegawai mudah-mudahan tidak terjadi korban baik luka maupun fatality (korban jiwa)," jelas Ifki.

Sebelumnya, pada pukul 00.45 dini hari tadi, telah terjadi insiden yang menyebabkan terjadinya kebakaran di tangki T301G. Penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti, namun pada saat kejadian kondisi sedang turun hujan lebat disertai petir. 

Baca Juga: Kilang minyak Pertamina Balongan Indramayu terbakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×