kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kimia Farma Kembali Luncurkan Program UMKM Academy 3.0


Rabu, 02 November 2022 / 13:25 WIB
Kimia Farma Kembali Luncurkan Program UMKM Academy 3.0
ILUSTRASI. Kimia Farna


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kimia Farma terus memberikan dukungan dalam pengembangan UMKM di Indonesia. Hal itu dilakukan dalam membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.

Salah satu langkahnya dengan meluncurkan program UMKM Academy 3.0. Ini merupakan program pendampingan UMKM yang menitikberatkan pada upaya peningkatan daya saing dengan pendekatan aspek manajerial UMKM yang dilakukan secara intensif dan berkelanjutan, dengan melibatkan mentor UMKM profesional.

M. Rony Hidayat General Manager Umum dan Teknologi Informasi PT Kimia Farma Tbk mengatakan, program tersebut merupakan yang ketiga kalinya digelar perseroan.

Baca Juga: Lebih 3000 Jaringan Provider Siap Layani Peserta, Sinergi Garda Medika & Kimia Farma

UMKM Academy 3.0 menjadi salah satu bentuk komitmen Kimia Farma yang sejalan dengan target SDGs nomor 8 yaitu untuk menyediakan pekerjaan layak dan peningkatan ekonomi.

“UMKM Academy telah dilaksanakan sejak tahun 2020 dengan total jumlah peserta selama tiga tahun mencapai 120 mitra binaan dan menghasilkan 16 UMKM naik kelas dari aspek peningkatan omset, peningkatan kapasitas produksi, serta penyediaan fasilitas legalitas berupa PT, CV, perizinan BPOM dan Halal MUI,” kata Rony dalam keterangan resminya, Rabu (2/11).

Alur program UMKM Academy 3.0 dimulai dari webinar, prainkubasi, inkubasi, post inkubasi berupa pendampingan, presentasi final naik kelas dan graduation. Inkubasi dilakukan selama empat minggu berupa pelatihan teknis dan pendampingan mentor terlatih secara online.

Post inkubasi dilakukan dengan evaluasi dan improvement dari para UMKM, sehingga program ini kurang lebih akan terlaksana dalam empat bulan.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, peserta UMKM Academy 3.0 kategori intermediate mayoritas berasal dari peserta tahun lalu yang telah ter-upgrade.

Sehingga di tahun ini metoda UMKM Academy dibagi menjadi dua kategori pendekatan. Pertama, kategori basic yang diperuntukan untuk UMK tahap dasar dengan skala produksi yang masih kecil, belum memiliki brand identity dan belum paham mengenai pembukuan laporan keuangan.

Kedua, kategori intermediate diperuntukkan kepada UMK binaan Kimia Farma yang dianggap sudah berada di level yang lebih baik dalam brand identity, pembukuan keuangan, dan jangkauan pemasaran.

Dengan adanya perbedaan kriteria tersebut, pendekatan pembelajaran materi pada UMKM Academy 3.0 menjadi berbeda sesuai kategorinya.

Baca Juga: Anak Usaha BUMN Kimia Farma Buka Lowongan Kerja 2022, Minimal Lulusan D3 Bisa Daftar

Rony bilang, dari 376 pendaftar terdapat 40 UMKM yang lolos seleksi menjadi peserta UMKM Academy 3.0. Peserta tersebut terdiri dari 30 mitra binaan kategori basic dan 10 mitra binaan kategori intermediate untuk dipersiapkan naik kelas.

“Semoga melalui UMKM Academy 3.0 ini menjadi wadah pembelajaran bagi pelaku usaha UMKM dalam mengimplementasikan manajerial UMKM yang mapan” tutup Rony.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×