kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja masih moncer, Avia Avian kejar pertumbuhan bottom line double digit


Senin, 16 November 2020 / 16:45 WIB
Kinerja masih moncer, Avia Avian kejar pertumbuhan bottom line double digit
ILUSTRASI. Pabrik cat PT Avia Avian (Avian Brands)


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT Avia Avian (Avian Brands) optimistis bisa mencatatkan kinerja yang positif di tengah pandemi corona (Covid-19).

Tidak tanggung-tanggung, perusahaan yang juga dikenal melalui cat pelapis anti bocor No Drop tersebut membidik target pertumbuhan laba bersih hingga double digit, sementara pertumbuhan omset ditargetkan tumbuh single digit.

Bukan tanpa alasan Avian Brands membidik pertumbuhan. Vice President Director at PT. Avia Avian (Avian Brands), Ruslan Tanoko mengatakan, penjualan perusahaan pada beberapa bulan terakhir mengalami pertumbuhan hingga double digit bila dibandingkan periode sama tahun lalu.

Baca Juga: Soetikno Tanoko, pendiri pabrik cat Avian meninggal, inilah wasiat hidupnya

Diakui Ruslan, pasar cat bukannya kebal dari efek pandemi. Avian sendiri sempat mencatatkan penurunan penjualan kurang lebih 30% pada bulan April dan Mei 2020 bila dibandingkan periode sama tahun lalu setelah pandemi mulai merebak di Indonesia.

Meski begitu, perusahaan kemudian berhasil mencetak pertumbuhan hingga belasan persen secara tahunan atau year-on-year (yoy) mulai dari bulan Juni hingga bulan-bulan berikutnya.

Menurut catatan Ruslan, penjualan cat di bulan Oktober 2020 bahkan tumbuh hingga lebih dari 30% bila dibandingkan dengan realisasi pada Oktober tahun lalu.

Selain karena faktor pasar yang sudah mulai beradaptasi dengan situasi pandemi, pertumbuhan ini juga diduga didorong oleh keunggulan perusahaan dari segi jaringan distribusi dan layanan.

Catatan saja, bisnis cat Avian didukung oleh jaringan distribusi anak usaha, PT Tirtakencana Tatawarna (Tirta) yang saat ini memiliki 95 pusat distribusi/kantor pemasaran lengkap dengan fasilitas gudang yang tersebar di kota-kota di Indonesia.

Walhasil, ketika logistik dan rantai pasok perusahaan cat kompetitor terganggu di tengah kondisi pandemi, Avian yang didukung oleh fasilitas distribusi dan gudang anak usaha memiliki ruang gerak lebih besar untuk menggaet pasar.

Terlebih, Avian juga getol menawarkan beragam layanan-layanan kemudahan khusus maupun promo kepada pelanggan. Gambaran saja, sebagian besar penjualan cat Avian didominasi oleh penjualan segmen cat dekoratif yang diperuntukan untuk kebutuhan rumah tangga.

Baca Juga: Cat Avian mengklaim menguasai jaringan ritel di Indonesia




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×