Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Jane Aprilyani
KONTAN.CO.ID - Emiten PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) kembali mencatatkan performa positif sepanjang semester pertama 2024. Pendapatan VICI tumbuh sebesar 6,7% dari Rp 654,9 miliar di semester I-2023 menjadi Rp 698,8 miliar di semester I-2024. Selain itu, Perseroan juga mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 10%, dari Rp88,9 miliar menjadi Rp97,9 miliar pada periode yang sama tahun 2024.
Profitabilitas emiten manufaktur kosmetik ini juga menunjukkan perbaikan dimana Gross Profit Margin VICI tercatat raih 55,6% di semester pertama tahun ini dibandingkan 55,2% semester satu tahun 2023 lalu. Net Profit Margin semester satu tahun 2024 juga meningkat menjadi 14% dari sebelumnya 13,6% semester satu tahun lalu.
Sementara itu, secara kuartalan (QoQ), pendapatan bersih Perseroan tumbuh 6,4% dari Rp 338,5 miliar di kuartal pertama 2024 menjadi Rp360,2 miliar di kuartal kedua 2024. Sedangkan untuk laba bersihnya, di kuartal kedua tahun ini Perseroan juga mencatatkan peningkatan sebesar 7,6% dari Rp 47,1 miliar menjadi Rp 50,7 miliar.
Billy Hartono Salim, Direktur Utama PT Victoria Care Indonesia Tbk, menyebutkan bahwa raihan yang didapat VICI di sepanjang paruh pertama 2024 ini terjadi berkat strategi perusahaan dalam memanfaatkan berbagai momentum dan tantangan di sepanjang semester pertama 2024 terutama menjelang dan setelah Lebaran 2024.
Baca Juga: VICI Lihat Impor Kosmetik Jadi Ancaman
“Selama semester 1 2024 ini, kami melihat adanya banyak hari libur dan cuti panjang terutama di masa Lebaran 2024 yang tentunya mempengaruhi distribusi kami. Meski begitu, kami sudah menyiapkan beragam strategi agar di semester 2 ini kami bisa mencatatkan pertumbuhan penjualan yang lebih signifikan dibandingkan semester pertama” ujar Billy dalam keterangan yang diterima KONTAN, Jumat (2/8).
Memasuki paruh kedua 2024, VICI sudah menyiapkan beragam strategi untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan capaian positif kinerja. Beberapa langkah strategis itu yakni melanjutkan strategi pemasaran yang agresif di platform digital baik melalui media sosial atau e-commerce serta menggelar beragam kegiatan offline yang disesuaikan dengan masing-masing merek untuk mengedukasi pasar secara langsung.
Sumardi Widjaja, Direktur Operasional PT Victoria Care Indonesia Tbk, menyebutkan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan serangkaian produk baru untuk menarik minat pasar dan melengkapi jajaran produk perusahaan.
“Kami juga sudah menyiapkan beragam produk baru yang akan diluncurkan dari beberapa kategori, salah satunya adalah dekoratif,” ujar Sumardi.
Lebih lanjut, Sumardi menambahkan bahwa pihaknya akan terus melakukan inovasi berkelanjutan agar bisa memberikan produk dan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia. “Dengan terus melakukan inovasi berkelanjutan dan lincah dalam menangkap peluang, kami yakin dapat menutup tahun ini dengan kinerja yang lebih baik,” tutur Sumardi Widjaja.
Baca Juga: Bangun Pabrik, Victoria Care Catat Kapasitas Produksi Naik 70%
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News