kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,18   -1,18   -0.13%
  • EMAS957.000 0,53%
  • RD.SAHAM 1.14%
  • RD.CAMPURAN 0.23%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Kinerja SiCepat Ekspress semakin ciamik di masa pandemi


Selasa, 20 Oktober 2020 / 21:41 WIB
Kinerja SiCepat Ekspress semakin ciamik di masa pandemi
ILUSTRASI. Pengiriman paket barang SiCepat Ekspres


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Chief Marketing Officer, SiCepat Ekspress ,Wiwin Dewi Herawati, mengatakan, selama pandemi pihaknya membukukan peningkatan kinerja akibat adanya peningkatan belanja e-commerce masyarakat.

Ia menjelaskan, SiCepat dipilih konsumen karena faktor harga pengiriman sangat bersaing dibanding kompetitor. Menurutnya,Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)meningkatkan transaksi online sebab orang tidak keluar rumah.

Maka dari itu, ia membeberkan, layanan SiCepat Halu dengan harga pengiriman Rp 5.000 saja bisa disambut baik karena bisa digunakan untuk produk kecil dan harganya tidak mahal.

"Akhirnya tersebut laris digunakan oleh konsumen yang belanja kebutuhan ritel dengan harga relatif murah dan barangnya kecil. Pengaruh kepada bisnis kami juga cukup besar," kata Wiwin dalam acara The 2nd MarkPlus Industry Roundtable Logistics Industry Perspective pada Selasa (20/10) yang digelar virtual.

Baca Juga: Masuki semester II 2020, volume pengiriman SiCepat tembus 1 juta paket per hari

Wiwin memaparkan layanan HaLu saja sudah menyumbang kontribusi sebesar 90% terhadap total revenue SiCepat. Perolehan lainnya diikuti oleh platfom sosial media sevesar 8% dan B2B sebesar 2%. Layanan lain yang turut banyak dipilih masyarakat adalah layanan reguler dan kargo.

Wiwin berkata, strategi yang dijalankan oleh perusahaannya awalnya berfokus pada seller atau penjual barang. Pihaknya kini juga mulai menyasar buyer dengan memperhatikan pola konsumsinya.

Setelah itu, pihaknya mencoba menciptakan produk yang sesuai dan dibutuhkan untuk konsumen.

Pada 2021, Wiwin menjelaskan pihaknya ingin fokus pada infrastruktur untuk mengembangkan digital touchprint baik untuk seller dan buyer.

"Jadi akan ada pickup ke social commerce melalui aplikasi atau WA bisnis, tadinya layanan ini harus dilakykan manual sehingga belum efisien," sambung dia.

Tak hanya itu, dengan adanya peningkatan pengiriman makanan berupa produk FnB sebesar 55% sampai September 2020, SiCepat fokus mengembangkan layanan sameday delivery.

 

Selanjutnya: SiCepat Ekspres targetkan pengiriman 1 juta paket tahun ini

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Investment Appraisal Model & Presentation

[X]
×