kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KMI Wire and Cable (KBLI) Optimis Target Pendapatan Tahun Ini Tercapai


Sabtu, 17 Juni 2023 / 08:00 WIB
KMI Wire and Cable (KBLI) Optimis Target Pendapatan Tahun Ini Tercapai
ILUSTRASI. PT KMI Wire and Cable Tbk (KBLI) atau kabelmetal INDONESIA, Kabel Metal Indonesia, produsen kabel untuk listrik dan telekomunikasi, seperti kabel serat optik, fibre optic. Foto Dok KBLI


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen kabel, PT KMI Wire and Cable Tbk (KBLI) optimistis target pendapatan Rp 3 triliun yang dibidik tahun ini dapat tercapai. Hal ini seiring dengan capaian positif yang berhasil diraih perusahaan selama lima bulan pertama tahun 2023. 

Presiden Direktur KMI Wire and Cable Marcello Theodore menyatakan bahwa kinerja perseroan di paruh pertama tahun ini terbilang cukup baik. Dengan begitu, pihaknya pun meyakini target sebesar Rp 3 triliun akan terealisasi. 

Namun demikian, pihaknya belum bisa membeberkan secara lebih detail karena laporan keuangan semester I-2023 belum dirilis secara resmi. 

“Dari laporan keuangannya akan terlihat bahwa sampai dengan bulan keenam 2023 masih on track, dan pendapatan Rp 3 triliun kami optimis bisa tercapai,” ungkap Marcello belum lama ini.

Baca Juga: Anak Usaha Adhi Karya (ADHI) Dapat Pinjaman Rp 325 Miliar

Apabila menilik kinerja KBLI selama kuartal pertama lalu, memang sudah terlihat ada pertumbuhan. Misalnya dari angka pendapatan, yang tumbuh 17,61% year on year (YoY), dari semula Rp 510 miliar di kuartal I-2022, menjadi Rp 600 miliar. 

Marcello menjelaskan, untuk mencapai angka Rp 3 triliun tersebut pihaknya menjalankan beberapa strategi. Salah satunya dengan melakukan diversifikasi, baik itu dari sisi produk maupun market.

“KBLI tidak hanya masuk ke pasar tradisional, tapi juga non tradisional ini sudah kami masuki dan memberikan hasil sampai dengan saat ini. Sehingga nanti kinerja akan terlihat cukup baik,” jelasnya. 

Dari sisi produk, selain memproduksi kabel listrik tembaga, KBLI juga memasok kabel jenis lainnya, seperti kabel listrik aluminium, kawat aluminium, dan kawat tembaga. 

Pada tahun ini KBLI menyiapkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) sebesar Rp 77 miliar. Meski tak menyebutkan berapa % serapannya, Marcello bilang dana capex tersebut sudah digunakan untuk peremajaan mesin dan juga maintenance mesin. 

“Sebagian sudah ada realisasi capex untuk peremajaan mesin maupun maitenance mesin, kami juga ada beberapa beli mesin baru,” tuturnya. 

Selain dari pada itu, kondisi pasar yang sudah pulih juga menjadi katalis positif bagi perseroan untuk mencapai kinerja bisnis yang lebih baik dari tahun sebelumnya. 

Wakil Direktur Utama KMI Wire and Cable Lili menambahkan, dengan target pendapatan yang mencapai Rp 3 triliun di tahun ini diharapkan KBLI bisa meraup laba tahun berjalan sebesar Rp 135 miliar. 

Baca Juga: Capex Timah (TINS) Rp 950 Miliar di 2023, Ini Penggunaannya

Target tersebut masing-masing bertumbuh 35,74% dan 125% dibandingkan realisasi pendapatan di tahun 2022 yang sebesar Rp 2,21 triliun dan laba Rp 60 miliar.

Per kuartal I-2023, KBLI tercatat membukukan laba bersih tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 24,87 miliar. Angka ini meningkat daripada laba bersih per kuartal I-2022 yang senilai Rp 16,25 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×