kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kominfo: Seluruh kabupaten dan kota terhubung jaringan internet di 2019


Rabu, 18 Juli 2018 / 15:56 WIB
Kominfo: Seluruh kabupaten dan kota terhubung jaringan internet di 2019
ILUSTRASI. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara


Reporter: Arsy Ani Sucianingsih | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan seluruh kabupaten dan kota di Indonesia akan terhubung dengan jaringan backbone internet cepat pada tahun 2019. Hal ini sejalan dengan misi pemerintah untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan internet cepat.

Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan, Pemerintah terus berupaya untuk memastikan pemerataan pembangunan bidang telekomunikasi terwujud bertahap. Hal tersebut dapat dilakukan melalui penyediaan akses telekomunikasi USO dan internet rakyat, Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun Base Tranceiver Station (BTS) di kawasan terdepan, terluar dan tertinggal (3T) dan akses internet untuk sekolah serta Puskesmas.

"Sesuai dengan agenda Pemerintahan Pak Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, Kominfo dan BAKTI menyediakan akses untuk seluruh masyarakat Indonesia. Membangun dengan Indonesia Sentris mulai dari pinggiran agar setara dengan di Jawa, Sumatera dan Kalimantan," katanya, Selasa (18/7).

Menurutnya, Indonesia Sentris merupakan cara yang dilakukan pemerintah sesuai dengan Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Akses telekomunikasi dalam pandangannya merupakan hak warga negara Indonesia.

"Pinggiran bukan terpinggirkan, tapi bagian dari NKRI yang harus dijaga seutuhnya. Puncak Jaya ini tengahan (karena berada di tengah Papua) dan kita selalu bekerja untuk adik-adik kita dan masa depan yang lebih baik," jelasnya.

Demi memuluskan ambisinya, pada Selasa (17/7) kemarin, Menteri Kominfo Rudiantara mengunjungi dua kabupaten terdalam di tengah Papua yaitu Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Membramo Raya untuk melihat secara langsung layanan telekomunikasi USO dan memastikan rencana Palapa Ring Timur berjalan dengan baik.

"Bulan depan Indonesia sudah merdeka 73 tahun, kita sudah merdeka dari penjajah tapi belum merdeka dari internet," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×