kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Komitmen Budaya Kesehatan dan Keselematan Kerja, Elnusa Petrofin CSR Safety Awareness


Selasa, 23 Januari 2024 / 14:20 WIB
Komitmen Budaya Kesehatan dan Keselematan Kerja, Elnusa Petrofin CSR Safety Awareness
ILUSTRASI. CSR?PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA)


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap tahun, Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional yang berlangsung sejak 12 Januari hingga 12 Februari 2024 menjadi momentum untuk merefleksikan dan memperkuat kesadaran terhadap aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja di kalangan pelaku industri, termasuk di PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA).

Upaya berkelanjutan dilakukan untuk meningkatkan kualitas K3 sebagai landasan utama operasional, mencakup aspek Man (SDM), Machine (peralatan dan mesin kerja), Method (cara kerja), dan Teknologi.

Perusahaan tidak hanya memperkuat budaya K3 pada faktor-faktor eksternal (non-SDM), tetapi juga mendorong penguatan kualitas Sumber Daya Manusia yang memiliki awareness dan pengetahuan yang mumpuni untuk mendukung terwujudnya kesehatan dan keselamatan kerja yang unggul.

Baca Juga: Elnusa (ELSA) Andalkan Rig EMR-01 di Segmen Bisnis Jasa Hulu Migas

Unsur-unsur keselamatan merupakan sebagai prinsip utama dalam berbagai aktivitas Perusahaan, salah satunya melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial (CSR) berupa Safety Awareness di seluruh unit operasi Elnusa Petrofin di Indonesia.

Tahun ini, Program CSR Safety Awareness menjadi program flagship CSR PT Elnusa Petrofin yang dijalankan secara berkelanjutan setiap tahunnya.

Ini menegaskan komitmen perusahaan untuk berkontribusi kepada masyarakat melalui edukasi di sekitar Ring 1 perusahaan.

Program tersebut bertujuan meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap risiko kejadian berbahaya terkait bisnis perusahaan.

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam distribusi BBM dan layanan Joint Operation, seperti SPBE dan pengelolaan Depot LPG, Elnusa Petrofin membagi program ini menjadi beberapa bagian, termasuk Sosialisasi Safety Riding dan pelatihan Blind Spot khusus untuk ibu-ibu dan siswa di sekitar Terminal BBM.

Kegiatan ini, yang dilakukan di berbagai unit operasi EPN, melibatkan kolaborasi dengan kepolisian, seperti di Fuel Terminal Tanjung Pandan yang berkolaborasi dengan Satlantas Polres Belitung.

Selain itu, program edukasi juga mencakup penyuluhan cara penggunaan Tabung Gas LPG 3kg yang aman, dengan sosialisasi, demonstrasi, dan pelatihan tata cara pemasangan serta penanggulangan kebocoran gas atau kebakaran.

Baca Juga: Saham Elnusa (ELSA) Kembali Terpilih Sebagai Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Elnusa  Petrofin menjalankan program ini dilakukan di Depot LPG Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, bekerja sama dengan Dinas Damkar setempat dan diikuti oleh 42 masyarakat Desa Sapa Timur.

Program ini mendapat dukungan positif dari pemerintah dan pihak berwenang, menunjukkan komitmen Elnusa Petrofin untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keselamatan.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Dinas Damkar Minahasa Selatan, Christian Durant mengucapkan rasa terima kasih kepada PT Elnusa Petrofin yang membantu pemerintah meningkatkan awareness di masyarakat guna menciptakan masyarakat yang lebih siap menghadapi potensi bahaya terutama kebakaran akibat gas LPG.

“Semoga kolaborasi semacam ini dapat terus tumbuh dan memberikan dampak positif yang lebih besar dalam membangun komunitas yang lebih aman dan sadar akan keselamatan” tutupnya.




TERBARU

[X]
×