kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,81   3,47   0.37%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konglomerat Hermanto Tanoko Masuk, Ini Target Cahayaputra Asa Keramik (CAKK)


Jumat, 21 Oktober 2022 / 05:44 WIB
Konglomerat Hermanto Tanoko Masuk, Ini Target Cahayaputra Asa Keramik (CAKK)
ILUSTRASI. Lantai?Keramik Kaisar Ceramics produksi PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk. Konglomerat Hermanto Tanoko, mengakuisisi 50,22% saham emiten keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK).


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konglomerat Hermanto Tanoko, pemilik Grup Tancrop dan juga pendiri perusaaan cat PT Avia Avian Tbk (AVIA), ekspansi ke bisnis keramik. Hermanto lewat PT Tancorp Bangun Indonesia resmi mengakuisisi 50,22% saham emiten keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK).

Akuisisi ini membuat perusahaan milik Hermanto Tanoko yang merupakan orang terkaya nomor 7 di Indonesia versi Forbes Billionaire Indeks tersebut menjadi pengendali CAKK yang merupakan produsen keramik merek Kaisar ini.

Pada 19 Oktober 2022, PT Tancorp Bangun Indonesia dan PT Marissi Idola Sumber Sejahtera, Johan Silitonga dan Luciana Sutanto telah melakukan penandatangan jual beli saham CAKK.

Di hari yang sama, pembelian dan pengambilalihan saham CAKK yang dilakukan melalui mekanisme perdagangan pada pasar negosiasi sudah diselesaikan.  

Baca Juga: Gandeng Boy Thohir, Avia Avian (AVIA) Perkuat Bisnis Cat Kapal Admiral

Adapun jumlah saham yang dibeli Tancorp sebanyak 662 juta lembar di harga Rp 229 per saham. Nilai itu setara 55,02% persen dari modal ditempatkan dan disetor CAKK.

Alhasil mengakuisisi CAKK, Tancorp menggelontorkan dana senilai Rp 151,59 miliar. Dengan selesainya transaksi ini, Tancorp Bangun Indonesia resmi menjadi pengendali baru emiten keramik ini.

Direktur Tancorp Bangun Indonesia Belinda Natalia menjelaskan, akuisisi ini merupakan strategi untuk memperkuat dan pengembangan portofolio investasi di sektor industri bahan bangunan.

Dia bilang, pihaknya menimbang bahwa CAKK adalah perusahaan yang bergerak di sektor industri bahan bangunan dari keramik yang memiliki potensi untuk terus berkembang kedepannya.

"Dengan pengambilalihan tersebut, Tancorp Bangun Indonesia juga akan memberikan nilai tambahan kepada CAKK melalui rencana pengembangan usaha CAKK," jelas Belinda dalam keterbukan informasi, Kami (19/10).

Sehubungan dengan akuisisi ini, Tancorp Bangun Indonesia bakal melakukan tender offer atau penawaran tender wajib atas seluruh saham CAKK yang dimiliki pemegang saham publik. Ini mengacu pada POJK 9/2018.

Asal tahu saja, Hermanto Tanoko merupakan pendiri, salah satu perusahaan cat terbesar di Indonesia yakni PT Avia Avian Tbk (AVIA). Crazy rich asal Surabaya ini juga memimpin perusahaan holding Tancorp Abadi Nusantara atau Tancorp.

Sementara, Direktur Utama Cahayaputra Asa Keramik Johan Silitonga bilang, bergabungnya Grup Tancorp merupakan suatu langkah strategis bagi CAKK untuk terus memperkuat posisi perseroan di industri keramik.

Manajemen CAKK berharap dengan adanya akuisisi ini kinerja keuangan dan operasional CAKK diharapkan meningkat sehingga perseroan dapat berkembang lebih cepat.

“Harapannya, CAKK dapat berkembang lebih pesat dan cepat, sambil terus meningkatkan keunggulan kompetitif dan membuka peluang pengembangan usaha CAKK dalam lingkup sektor industri bahan bangunan keramik,” ungkap Johan, Kamis (20/10).

Baca Juga: Pundi-Pundi para Miliarder Kian Gemuk, Cek 10 Harta Orang Terkaya Indonesia Pekan ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×