kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsorsium Patimban terus berkomunikasi dengan Jepang dalam pengembangan terminal


Rabu, 31 Maret 2021 / 18:01 WIB
Konsorsium Patimban terus berkomunikasi dengan Jepang dalam pengembangan terminal
ILUSTRASI. Foto udara proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, . ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Yukki Nugrahawan Hanafi juru bicara konsorsium sekaligus Wakil Direktur Utama PT Indika Logistics dan Support Services (ILSS) mengklaim jika perkembangan terakhir mengenai perusahaan Jepang yang bergabung dalam konsorsium masih belum bisa diumumkan secara resmi.

"Sampai saat ini kami menjaga komunikasi dengan pihak konsorsium Jepang dan selama ini masih berlangsung," ujarnya saat dihubungi oleh Kontan, Rabu (31/3).

Sebagai informasi, dalam pemberitaan Kontan sebelumnya, PT Pelabuhan Patimban Indonesia alias PPI akhirnya sah menjadi pengelola Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Berdasarkan perjanjian Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), PPI kelak akan menyediakan suprastruktur di Pelabuhan Patimban untuk kapasitas terminal petikemas sebesar 3,75 Juta TEUs. Adapun kapasitas terminal kendaraan tersebut kelak sebesar 600.000 CBUs dengan jangka waktu kerja sama selama 40 tahun.

Dalam pengelolaan proyek ini, PPI menggandeng perusahaan asal Jepang. Adapun, komposisi masing-masing negara di dalam perusahaan operator pelabuhan adalah 51% Indonesia dan 49% dari Jepang. "Dalam perkembangannya, kami akan umumkan secara resmi nanti," sambung Yukki.

Baca Juga: Sah! Konsorsium perusahaan Chaerul Tanjung kelola Pelabuhan Patimban

Pelabuhan Internasional Patimban merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang merupakan pelabuhan terbesar kedua setelah Pelabuhan Tanjung Priok. Kehadiran pelabuhan ini diharapkan mampu berperan dalam pertumbuhan perekonomian di wilayah Jawa Barat dan juga secara nasional.

Saat ini pembangunan Pelabuhan Patimban memasuki Fase 1-2 (2021-2026) yang meliputi pembangunan terminal peti kemas sampai dengan kapasitas 3,75 juta TEUs dan terminal kendaraan dengan kapasitas total sampai dengan 600.000 CBUs.

Pihaknya menargetkan bisa memulai pengoperasian terminal kendaraan di Pelabuhan Patimban pada November 2021 setelah semua fasilitas pendukung dan izin yang diperlukan selesai. Operasi Patimban akan dibagi menjadi 2 area terminal, Terminal Kontainer dan Terminal Kendaraan.

Sementara Terminal Kontainer diperkirakan akan mulai dioperasikan pada tahun 2024, setelah pembangunan fasilitas infrastruktur dan fasilitas pendukung lainnya siap. Kedua terminal ditujukan untuk kegiatan domestik dan ekspor-impor.

Selanjutnya: Pakai skema KPBU, PT Pelabuhan Patimban Internasional resmi kelola pelabuhan Patimban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×