kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kuartal I 2020, jumlah pesanan Blibli naik 3 kali lipat


Selasa, 28 April 2020 / 22:02 WIB
Kuartal I 2020, jumlah pesanan Blibli naik 3 kali lipat
ILUSTRASI. Blibli resmikan toko offline pertamanya bernama BlibliMart yang berkonsep cashierless dan cashless di Gedung Sarana Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (28/1).


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform belanja online, Blibli.com klaim terjadi peningkatan jumlah pemesanan sepanjang Q1/2020. Adapun peningkatannya mencapai 3x lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Executive Vice President (EVP) of Digital Products & Automotive Category Blibli Lay Ridwan Gautama menyebutkan secara kuartal pihaknya fokus pada jumlah pemesanan. Pada kuartal pertama ini, ia menyebutkan beberapa produk mengalami pertumbuhan signifikan.

"Ada pertumbuhan, bahkan akan bertumbuh signifikan pada kategori seperti sayuran, buah-buahan, dan produk kesehatan," ujarnya dalam virtual conference, Selasa (28/4).

Baca Juga: Wow, mobil mewah Audi mulai dijual di Blibli

Namun, pihaknya juga tidak memungkiri ada beberapa produk yang mengalami penurunan signifikan seperti segmen pariwisata dengan pembatalan tiket penerbangan atau tiket kereta api. Hanya saja, ia mengklaim penurunan tersebut dapat ditambal dari produk yang meningkat.

Dengan begitu, pada tiga bulan pertama ini pihaknya mampu mencatatkan pertumbuhan 3x secara tahunan. Sayangnya, ia enggan membeberkan nilai GMV yang berhasil diraih selama tiga bulan pertama kemarin.

Pihaknya mencatat dari bliblimart atau segmen groceries meningkat 3x selama Q1/2020. Kemudian Galeri Indonesia yang merupakan kategori yang menjual produk-produk UKM meningkat 6x lipat dan segmen kesehatan & kecantikan meningkat 3x

Executive Vice President (EVP) of Consumer Goods Category Blibli Fransisca K. Nugraha menambahkan dari sisi trafik juga mengalami peningkatan, khususnya dari Februari-Maret-April.

Baca Juga: Pengecekan corona kini bisa lewat Blibli memanfaatkan Halodoc

"Secara trafik kami mengalami peningkatan 2x dan untuk kategori produk tertinggi pertama dari produk yang related dengan kesehatan dan kedua produk kebutuhan sehari-hari," tambahnya.

Menurutnya, peningkatan tersebut akibat keterbatasan pergerakan konsumen dan pengurangan jam operasional toko membuat masyarakat dan pengusaha mencari alternatif lain dalam membeli dan menjual barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×