kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,77   -3,77   -0.42%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kunjungan Wisatawan Meningkat, Emiten Pariwisata Bakal Raup Berkah


Rabu, 03 April 2024 / 18:01 WIB
Kunjungan Wisatawan Meningkat, Emiten Pariwisata Bakal Raup Berkah
ILUSTRASI. Wisatawan mancanegara (wisman) berbelanja di Pasar Seni Ubud, Gianyar, Bali, Selasa (6/2/2024).Kunjungan wisatawan membengkak, emiten pariwisata raup berkah.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara pada awal tahun 2024 turut membawa berkah bagi inudstri pariwisata.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Februari 2024 mencapai 1.036.037 kunjungan. Jumlah itu meningkat baik secara bulanan maupun tahunan masing-masing 11,67% dan 38,24%.

Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) menilai kenaikan kunjungan wisman ini menjadi catatan positif bagi sektor pariwisata.

Baca Juga: Laba Bersih Jasuindo Tiga Perkasa (JTPE) Melesat 57% Jadi Rp 226 Miliar di Tahun 2023

Wakil Ketua umum DPP Asita Budi Ardiansjah mengatakan, semula kunjungan wisatawan diperkirakan mengalami penurunan di awal tahun mengingat kontestasi politik pada tahun ini. 

Meski demikian, kunjungan di awal tahun dinilai masih belum merata, sejumlah destinasi favorit masih menjadi tujuan utama seperti Jakarta, Yogyakarta dan Bali.

"Sayangnya belum terjadi pemerataan kunjungan, biasanya wisman hanya single destination. Mudah-mudahan ke depan lebih terjadi pemerataan kunjungan," kata Budi kepada Kontan, Rabu (3/4).

Sementara itu, Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) Ariyadi Eko Purnomo mengatakan, terjadi peningkatan kunjungan pada Januari-Februari 2024.

Baca Juga: Tingkat Hunian Hotel Diprediksi Naik 10% Selama Libur Lebaran 2024

"Terjadi peningkatan sekitar 9% jika dibandingkan tahun lalu. Secara umum Ancol menargetkan adanya pertumbuhan kinerja 10% (tahun ini) jika dibandingkan dengan tahun lalu," kata Eko kepada Kontan, Rabu (3/4).

Eko menjelaskan, sektor rekreasi masih akan jadi salah satu kontributor utama untuk kinerja tahun ini. Demi memuluskan target tersebut, pihaknya terus melakukan inovasi untuk memberikan pengalaman baru bagi semua wisatawan.

Inovasi tersebut antara lain lewat peluncuran New Paus Cottage di Putri Duyung Ancol pada Februari lalu. Selain itu, pada tahun ini Ancol juga akan kembali menggelar beberapa event inhouse yang telah digelar di tahun lalu seperti  konser musik OA OE Festival, Panjat Pinang Kolosal dalam rangka HUT RI dan Isekai Run.

Baca Juga: Destinasi Wisata di Indonesia Siap Menyambut Libur Lebaran

"Inisiatif strategis tahun 2024 perusahaan akan melanjutkan kembali revitalisasi Cottage Putri Duyung Ancol, Penataan Sentra Parkir dan Pengembangan Usaha Kuliner," sambung Eko.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×