kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Kurangi resiko saat wabah corona, e-commerce lakukan pemblokiran akun nakal


Kamis, 26 Maret 2020 / 16:17 WIB
Kurangi resiko saat wabah corona, e-commerce lakukan pemblokiran akun nakal
ILUSTRASI. Warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.

Reporter: Annisa Fadila | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Adanya wabah corona menjadikan pengguna e-commerce kian meningkat, sehingga tak sedikit dari produk yang disediakan turut laris di pasarkan. Melihat hal itu, beberapa e-commerce menetapkan kebijakan guna melindungi penggunanya.

Vice President of Coprorate Communications Tokopedia Nurani Razak mengatakan, produk yang nyaris dicari seperti masker mulut, cairan antiseptik atau hand sanitizer juga ragam cemilan sehat.

Baca Juga: Amazon Lending beri restrukturisasi pinjaman kepada mitra penjual

Melihat hal tersebut, Tokopedia telah menutup permanen beberapa toko online serta telah melarang tayang puluhan ribu produk yang terbukti melanggar. Menurutnya, hal itu dikarenakan guna mengurangi resiko serta mencegahnya pembelian yang tidak wajar.

Disamping itu hal tersebut dilakukan guna mengurangi harga maupun deskripsi terhadap produk kesehatan maupun kebutuhan lainnya. “Selain lewat edukasi, langkah ini dinilai dapat mendorong penjual selalu memastikan ketersediaan produk juga menjaga harga tetap stabil,” ujar Nurani.

Tak hanya Tokopedia, hal senada juga dilakukan oleh Blibli.com. Senior Vice President (SVP) Trade partnership Blibli.com Fransisca K Nugraha mengatakan, pihaknya telah melakukan pemblokiran akun terhadap pedagang yang menaikkan harga tidak sesuai dengan harga di pasaran.

Fransisca bilang, sampai saat ini Blibli telah memastikan seluruh mitra official brand juga mitra merchant yang berada di platofrm Blibli telah melalui proses kuartal, hal tersebut guna mendukung komitmen Blibli dalam memberikan layanannya.

Baca Juga: Ada work from home, transaksi kartu kredit di sejumlah bank naik

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×