CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.470.000   4.000   0,27%
  • USD/IDR 15.946   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.161   -53,30   -0,74%
  • KOMPAS100 1.094   -8,21   -0,74%
  • LQ45 872   -4,01   -0,46%
  • ISSI 216   -1,82   -0,84%
  • IDX30 446   -1,75   -0,39%
  • IDXHIDIV20 540   0,36   0,07%
  • IDX80 126   -0,84   -0,67%
  • IDXV30 136   0,20   0,15%
  • IDXQ30 149   -0,29   -0,20%

Laba MAPI anjlok 78% kuartal I-2015


Senin, 04 Mei 2015 / 10:52 WIB
Laba MAPI anjlok 78% kuartal I-2015
ILUSTRASI. Tanggal Merah & Cuti Bersama Desember 2023, Jutaan Warga RI Akan Liburan Akhir Tahun


Sumber: Bloomberg | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Peritel masih menghadapi tekanan yang berat awal tahun ini. Lihat saja kinerja PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) yang menghasilkan kinerja kurang memuaskan di kuartal I-2015.

Dari sisi pendapatan MAPI memang tumbuh 10,45% menjadi Rp 2,96 triliun ketimbang periode yang sama tahun 2014. Namun, laba bersih MAPI justru anjlok 78,18% menjadi Rp 10,29 miliar.

Mengacu laporan keuangannya, laba bersih MAPI tertekan oleh beban yang membengkak. Selain itu, perusahaan mesti membayar rugi kurs mata uang asing. "Kondisi makro ekonomi mempengaruhi bisnis perusahaan," kata Fetty Kwartati, Sekretaris Perusahaan MAPI dalam pernyataan tertulis yang diterima KONTAN, Kamis (30/4).

Sayang, Fetty tidak bisa dimintai penjelasan lebih detail soal kinerja ini karena yang bersangkutan berada di luar negeri. Yang jelas, dalam pernyataan tertulis MAPI, Fetty bilang, keuntungan MAPI terpengaruh oleh investasi perusahaan.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, MAPI sedang ambil ancang-ancang terjun ke bisnis e-commerce. "Saat ini kami tengah dalam proses transformasi dari yang semula murni peritel offline menjadi peritel multi channel," jelas Fetty.

Rencananya, bisnis online MAPI akan dimulai paruh kedua tahun ini. Lantaran fokus membenahi e-commerce, ekspansi gerai fisik MAPI juga tak terlalu kencang di kuartal I-2015. Sampai akhir Maret 2015, MAPI mengoperasikan 1.865 gerai di 65 kota di Indonesia. Jumlah ini turun, mengingat per akhir 2014 lalu, jumlah gerai MAPI mencapai 1.872 gerai.

Sepanjang tahun 2014 lalu, MAPI menambah 99 gerai baru dan juga menambah dua merek baru ke dalam portofolio, yaitu Sephora dan Birkenstock.

Sekadar mengingatkan, tahun lalu, MAPI telah melego dua merek di kategori food and beverage (F&B) yakni Domino's Pizza dan Burger King. Penjualan bisnis makanan dilakukan karena ingin fokus di bisnis produk fashion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×