kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.923.000   8.000   0,42%
  • USD/IDR 16.335   0,00   0,00%
  • IDX 7.167   24,52   0,34%
  • KOMPAS100 1.045   4,88   0,47%
  • LQ45 815   2,85   0,35%
  • ISSI 224   0,76   0,34%
  • IDX30 426   1,90   0,45%
  • IDXHIDIV20 505   1,29   0,26%
  • IDX80 118   0,58   0,49%
  • IDXV30 120   0,61   0,51%
  • IDXQ30 139   0,24   0,17%

Laba SGRO naik 125% terdorong kenaikan harga CPO


Senin, 05 Mei 2014 / 14:52 WIB
Laba SGRO naik 125% terdorong kenaikan harga CPO
ILUSTRASI. Soccer Football - FIFA World Cup Qatar 2022 - Round of 16 - Argentina v Australia - Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar - December 3, 2022 Argentina's Lionel Messi celebrates scoring their first goal with teammates REUTERS/Carl Recine 


Reporter: Mona Tobing | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Melewati kuartal 1 2014, perolehan laba PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO) melonjak hingga 125%. Padahal penjualan SGRO hanya naik 10%. Rupanya, melejitnya laba SGRO tersebut lebih dikarenakan oleh kenaikan harga jual minyak sawit atau CPO sejak awal tahun.

Dalam laporan keuangan yang dipublikasikan, laba SGRO kuartal 1 tahun 2014 sebesar Rp 58,18 miliar naik 125% dari Rp 23,13 miliar pada kuartal 1 2013.

Sementara penjualan SGRO hanya tumbuh 10% dari Rp 585,55 miliar pada kuartal 1 2013 menjadi Rp 649,62 miliar.

Melejitnya laba SGRO ditopang dari kenaikan harga jual CPO yang naik hampir 50%. Pada awal tahun ini, harga jual CPO SGRO sebesar Rp 9.100 per kg dari Rp 6.100 per kg pada awal tahun 2013.

"Penjualan memang tidak meningkat tinggi. Namun karena harga CPO naik, maka margin kami juga melejit. Sementara untuk produk kami seperti karet dan sagu belum banyak berkontribusi. Masing-masing baru berkontribusi 1% terhadap pendapatan," terang Michael Kusuma, Kepala Hubungan Investor SGRO pada Senin (5/4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×