kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45959,76   16,42   1.74%
  • EMAS947.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN 0.06%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Laporan keberlanjutan Danone-AQUA periode 2019-2020 dapat Kategori Emas ASRRAT 2021


Jumat, 19 November 2021 / 12:57 WIB
Laporan keberlanjutan Danone-AQUA periode 2019-2020 dapat Kategori Emas ASRRAT 2021
ILUSTRASI. Pabrik Danone-Aqua.

Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Laporan Keberlanjutan Danone-AQUA tahun 2019-2020 berhasil meraih peringkat  kategori emas pada Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021 yang diselenggarakan pada 17 November 2021 di Jakarta. 

Laporan yang disusun menggunakan framework Global Reporting Initiative  (GRI) Standard menghimpun berbagai usaha Danone-AQUA dalam pelestarian alam, pemberdayaan masyarakat dan internal perusahaan, serta pelibatan berbagai sektor dalam mendukung Pemerintah untuk pencapaian target SDGs di Indonesia.

Ketua National Center for Sustainability Reporting, Ali Darwin, memberikan apresiasi terhadap pelaporan dan kinerja perusahaan yang tahun ini ikut serta dalam ASRRAT 2021. Dia bilang aksi keberlanjutan memerlukan inovasi dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan, dan aksi tersebut perlu diungkapkan dalam laporan keberlanjutan. 

"Kami mengapresiasi perusahaan yang telah berupaya untuk terus menjunjung tinggi transparansi melalui pembuatan laporan keberlanjutan dan mendorong peningkatan baik kuantitas maupun kualitas laporan,” kata dia dalam keterangannya, Jumat (19/11).

Baca Juga: Kembangkan kendaraan listrik, NFCX-MCAS dan SiCepat gandeng Telkom University

Dalam Laporan Keberlanjutan yang berjudul “Menjaga Kebaikan untuk Indonesia yang Lestari”, Danone-AQUA kembali menegaskan komitmennya untuk  menerapkan praktik bisnis berkelanjutan serta Good Corporate Governance dengan memberikan transparansi dari setiap aspek operasionalnya. Melalui Laporan Keberlanjutan ini, Danone-AQUA memaparkan visi, strategi, hingga capaian kinerja keberlanjutannya selama dua tahun terakhir. 

Terkait hal ini, VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto,  menjelaskan Danone-AQUA selalu berupaya untuk membangun model pertumbuhan bisnis yang seimbang, menguntungkan, dan berkelanjutan sehingga menciptakan nilai jangka panjang bagi para pemangku kepentingan. 

Sejalan dengan visi Danone secara global, One Planet One Health, pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan berbagai inisiatif keberlanjutan dalam mendukung target pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Pemerintah Indonesia. 

"Melalui Laporan Keberlanjutan yang kami luncurkan ini, kami berharap dapat memberikan informasi secara transparan kepada para pemangku kepentingan tentang sejauh mana pencapaian inisiatif keberlanjutan tersebut serta dampaknya di seluruh rantai bisnis kami,” ujar dia.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia telah mengintegrasikan 17 tujuan besar dan 169 target dari agenda SDGs ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional di tahun 2020-2024. Hal ini menunjukkan bahwa agenda SDGs bukan hanya sekadar menjadi komitmen global, namun menjadi panduan untuk Indonesia menerapkan program pembangunan nasional yang inklusif dan berkelanjutan. 

Baca Juga: Pengenaan BMTP untungkan brand lokal, Mega Perintis (ZONE) pun jemput peluang

Menyadari pentingnya peran perusahaan dalam hal ini, Danone-AQUA mengembangkan berbagai inisiatif yang menyentuh aspek keberlanjutan alam dengan menjaga sirkularitas di tiga hal yaitu air, energi, dan kemasan, aktif mengkampanyekan pola hidup sehat, membangun bisnis model yang memberdayakan komunitas, serta membangun iklim kerja yang inklusif dan memberdayakan karyawan.

Sebagai salah satu mitra dalam inisiatif menjaga keberlanjutan sumber daya air, Ahli Hidrogeologi, Departemen Teknik Geologi, Universitas Gajah Mada, Heru Hendrayana mengatakan bahwa kerja sama UGM dan Danone AQUA dalam penelitian Hidrogeologi telah memberikan dampak positif kepada kepada para pengguna air. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Belajar Lagi Mastering Leadership in Megatrends 2022

[X]
×