kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Layanan 5G XL Axiata bisa dinikmati di 15 lokasi berikut ini


Selasa, 30 November 2021 / 21:46 WIB
Layanan 5G XL Axiata bisa dinikmati di 15 lokasi berikut ini
ILUSTRASI. Layanan 5G PT XL Axiata Tbk (EXCL) sudah bisa dinikmati di sejumlah area meski masih sangat terbatas.


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Layanan 5G PT XL Axiata Tbk (EXCL) sudah bisa dinikmati di sejumlah area meski masih sangat terbatas. Sejauh ini, ada 15 lokasi yang sudah tercakup jaringan 5G XL Axiata. 

Sebut saja XL Center Axiata Tower, XL Center Martadinata Bandung, XL Center Adi Sucipto Jogjakarta, XL Center Pemuda Surabaya, XL Center Diponegoro Medan, XL Center Pettarani Makassar, dan XL Center Ahmad Yani Banjarmasin. 

Ada juga XL Center Sunset Road Denpasar, XL Center Palembang, XL Center Pekanbaru, XL Center Ciputra World Kuningan Jakarta, XL Center Central Park Jakarta, XL Center Bintaro Xchange, sebagian jalan Margonda Raya Depok, dan area Gedung Sate Kota Bandung. 

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan, di beberapa titik XL Centre, pengguna dapat menjajal berbagai 5G use case seperti demo cloud gaming, 4K video streaming, 360-degree camera untuk live video streaming hingga VR glass

Baca Juga: XL Axiata (EXCL) dan Link Net (LINK) negosiasi perjanjian jual beli

Meskipun begitu, layanan 5G hanya dapat dinikmati oleh pelanggan yang telah menggunakan ponsel pintar 5G yang sudah mendukung jaringan 5G XL Axiata. Menurut perempuan yang akrab disapa Ayu ini, langkah tersebut merupakan cara XL Axiata untuk mengedukasi pelanggan terkait jaringan 5G XL Axiata. 

Di samping itu, XL Axiata juga terus mengembangkan kesiapan ekosistem 5G lewat kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah para pelaku industri di area terbatas yang memiliki kebutuhan terhadap pemanfaatan 5G secara optimal. 

Ayu menyampaikan, implementasi 5G XL Axiata dilakukan di tengah keterbatasan spektrum. Oleh sebab itu, untuk memperkenalkan 5G kepada masyarakat XL Axiata mengimplementasikan Dynamic Spectrum Sharing (DSS). 

Baca Juga: Harga saham TLKM, ISAT, dan EXCL naik, simak rekomendasi berikut

DSS merupakan teknologi yang memungkinkan pemanfaatan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G. DSS dijajal XL Axiata dengan spektrum yang dimilikinya, yakni di 1.800 MHz dan 2.100 MHz.

"Tentu saja implementasi DSS ini tidak dapat memberikan pengalaman yang sama dengan 5G yang menggunakan spektrum khusus. Akan tetapi, diharapkan 5G DSS dapat membuka jalan untuk realisasi pengalaman 5G yang sesungguhnya di Indonesia," kata Ayu kepada Kontan.co.id, Selasa (30/11). 

Untuk mewujudkan pengalaman 5G yang sesungguhnya, para operator memerlukan tambahan spektrum baru khusus 5G. Beberapa spektrum potensial yang dapat menjadi alternatif diantaranya Mid Band 2,3 Mhz, 3,5Mhz, dan mmWave.

"Ke depannya, seiring dengan tersedianya spektrum khusus untuk 5G serta perkembangan permintaan yang ada, XL Axiata secara bertahap akan terus melakukan penambahan cakupan layanan 5G," ucap Ayu. Menurutnya, XL Axiata berkomitmen agar jaringan 5G XL Axiata dapat memberikan manfaat yang besar bagi pelanggan dan industri secara keseluruhan. 

Baca Juga: Dikabarkan Segera Diakuisisi EXCL, Kinerja Keuangan Link Net Malah Kurang Memuaskan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×