kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Lebaran, Angkasa Pura I tambah extra flight


Rabu, 22 Mei 2019 / 21:22 WIB
Lebaran, Angkasa Pura I tambah extra flight

Reporter: Kenia Intan | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Angkasa Pura I memprediksi terjadi peningkatan penumpang sebesar 5% di momentum Lebaran 2019. Diperkirakan, jumlah penumpang di Lebaran tahun ini mencapai 5 juta, sementara di tahun sebelumnya sebanyak 4,7 juta. Peningkatan ini ini terhitung sejak H-7 dan H+7 Lebaran.

Melonjaknya penumpang menyebabkan permintaan terhadap tambahan jam penerbangan (extra flight) juga naik. Devi Suradji, Direktur Pemasaran dan Pelayanan mengatakan penambahan extra flight di Lebaran 2019 sebesar 1.628 permintaan, turun jika dibanding sebelumnya yang sebanyak 5.245 permintaan.


"Menurun kemungkin karena melihat realisasi dari tahun 2018," jelas Faik Fahmi, Direktur Utama PT Angkasa Pura I, ketika media gathering di Plasa Senayan, Rabu (22/5). Tahun sebelumnya, PT Angkasa Pura I mencatat dari 5.245 permintaan extra flight, hanya sebanyak 1.276 flight yang bisa direalisasikan.

Sama dengan tahun sebelumnya, pada lebaran tahun ini permintaan paling tinggi terjadi di bandara Surabaya dan Yogyakarta, masing-masing sebanyak 580 dan 297 extra flight. Sementara di tahun 2018 permintaan extra flight di Surabaya mencapai 1.598 flight, sementara di Yogyakarta sebanyak 598 flight.

Melihat setiap momentum Lebaran terjadi lonjakan penumpang, PT Angaksa Pura I memutuskan untuk mulai mengoperasikan Yogyakarta International Airpot (YIA) saat lebaran ini. Padahal bandara baru tersebut rencananya baru akan diresmikan di akhir tahun. "Per Mei ini baru selesai 50,02% artinya asetnya sudah bisa digunakan, " jelas Faik Fahmi lagi.

Dijelaskan lebih lanjut, seluruh permintaan extra flight dari pukul 6 pagi hingga 6 sore akan dilayani di Yogyakarta International Airport di Kulon Progo. Sementara, extra flight di atas jam 6 sore akan tetap dilayani di Bandara Adisucipto.




TERBARU

Close [X]
×