kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.886.000   2.000   0,11%
  • USD/IDR 16.555   -55,00   -0,33%
  • IDX 6.980   147,08   2,15%
  • KOMPAS100 1.012   25,10   2,54%
  • LQ45 787   21,71   2,84%
  • ISSI 220   2,17   0,99%
  • IDX30 409   11,84   2,98%
  • IDXHIDIV20 482   15,28   3,27%
  • IDX80 114   2,54   2,27%
  • IDXV30 116   2,05   1,79%
  • IDXQ30 133   4,16   3,22%

Lebih 3 Juta Tiket Terjual, KAI Telah Layani 1 Juta Penumpang Saat Mudik Lebaran 2025


Rabu, 26 Maret 2025 / 17:23 WIB
Lebih 3 Juta Tiket Terjual, KAI Telah Layani 1 Juta Penumpang Saat Mudik Lebaran 2025
ILUSTRASI. Penumpang Kereta Pasundan tujuan akhir Surabaya berjalan menuju gerbong kereta di Stasiun Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/3/2025). PT KAI Daop 2 mencatat, hingga 21 Maret yang merupakan hari pertama masa angkutan lebaran, sebanyak 211.245 atau 59,5 persen tiket sudah terjual pada masa awal angkutan lebaran. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nz


Reporter: Muhammad Alief Andri | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat tingginya minat masyarakat terhadap layanan kereta api selama masa Angkutan Lebaran 2025. Hingga 26 Maret 2025 pukul 14.00 WIB, KAI telah menjual 3.026.106 tiket atau sekitar 66% dari total kapasitas yang disediakan. Dari jumlah tersebut, 2.770.962 tiket merupakan tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan tingkat okupansi mencapai 80%, sementara 255.144 tiket lainnya merupakan tiket KA Lokal dengan okupansi sekitar 22%.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan bahwa jumlah penumpang terus meningkat seiring dengan mendekatnya puncak arus mudik Lebaran. "Kami optimis penjualan tiket Lebaran akan terus bertumbuh. KAI akan terus memantau pergerakan penumpang dan melakukan evaluasi berkala untuk memastikan pelayanan terbaik," ujarnya, Rabu (26/3).

Selama periode Angkutan Lebaran 2025 yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI menyediakan total 4.591.510 tempat duduk. Dari jumlah tersebut, 3.443.832 kursi dialokasikan untuk KAJJ, sementara 1.147.678 kursi tersedia untuk KA Lokal. Hingga saat ini, KAI telah melayani 1.015.379 penumpang di berbagai rute di Pulau Jawa dan Sumatera.

Baca Juga: PT KAI Investasikan Rp 10,79 triliun di INKA untuk Pengadaan Sarana Perkeretaapian

Adapun stasiun-stasiun utama dengan jumlah keberangkatan tertinggi meliputi Stasiun Pasarsenen, Gambir, Yogyakarta, Semarang Poncol, Bekasi, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Semarang Tawang Bank Jateng, Lempuyangan, dan Bandung.

Upaya KAI untuk Kelancaran Mudik

Untuk memastikan kelancaran perjalanan selama masa mudik, KAI telah menyiapkan berbagai langkah, termasuk optimalisasi layanan operasional, peningkatan fasilitas di stasiun, serta pengaturan jadwal perjalanan yang fleksibel. KAI juga melakukan perawatan berkala dan pemeriksaan menyeluruh terhadap rangkaian kereta api guna memastikan kondisi armada tetap prima.

Baca Juga: PT KAI Siapkan 17 Hektare Lahan untuk Kembangkan TOD, Dukung Program 3 Juta Rumah

Selain itu, KAI mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan layanan pembelian tiket secara online melalui aplikasi Access by KAI atau situs resmi booking.kai.id guna menghindari antrean di stasiun dan mendapatkan harga terbaik. Bagi pelanggan yang telah memiliki tiket, KAI menyarankan agar tiba di stasiun lebih awal untuk mengantisipasi kepadatan arus penumpang.

"KAI terus berkomitmen memberikan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu selama masa Angkutan Lebaran. Dengan berbagai inovasi dan peningkatan layanan, kami berharap masyarakat dapat menikmati perjalanan mudik dengan lancar dan berkesan," tutup Anne.

Baca Juga: PT KAI Siapkan Promo 40.000 Tiket Jelang Ramadhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag

TERBARU
Kontan Academy
Cara Praktis Menyusun Sustainability Report dengan GRI Standards Strive

[X]
×