kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Libur panjang, hotel di Bandung habis dipesan


Jumat, 29 Maret 2013 / 09:20 WIB
Libur panjang, hotel di Bandung habis dipesan
ILUSTRASI. Cek pengumuman hasil SKD CPNS 2021 di data-sscasn.bkn.go.id, simak cara melihatnya.


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

BANDUNG. Setiap kali libur tiba, Bandung tidak pernah sepi wisatawan. Para pelancong itu memadati Bandung, terutama di titik tujuan wisata seperti tempat belanja dan rekreasi.

Libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan perayaan Wafatnya Isa Almasih, Jumat (29/3) pun menyedot jumlah kunjungan wisatawan ke Bandung. Hal ini dibuktikan dengan tingkat pemesanan kamar hotel untuk momen libur panjang akhir pekan ini yang rata-rata sudah habis dipesan (full booked).

Tingkat okupansi kamar hotel pun mengalami kenaikan selama dua hari berturut-turut, yakni Jumat (29/3) dan Sabtu (30/3). Sementara untuk Minggu (31/3), okupansi kembali normal karena wisatawan mulai meninggalkan Bandung untuk kembali ke kota asalnya.

"Kamar sudah penuh dari 29 Maret sampai 30 Maret. Rata-rata tamu dari Jabodetabek dengan persentase 60 persen, dan sisanya dari kota lain," kata Executive Secretary & Public Relation Hotel Santika Bandung, Martini Santos kepada Tribun, Rabu (27/3) siang.

Martini mengatakan, Bandung merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Setiap kali libur pasti diserbu wisatawan, khususnya wisatawan dari Jabodetabek. Apalagi waktu tempuh antara Bandung dan Jakarta relatif singkat setelah ada tol Cipularang.

PR Executive Arion Swiss-Belhotel Bandung, Atika Nurliawati juga mengatakan hal sama. Menurutnya, untuk libur panjang akhir pekan ini kamar di hotelnya sudah penuh terpesan. "29 dan 30 Maret full booked. Tanggal 31 Maret kembali normal karena orang mulai meninggalkan Bandung dan kembali ke kota asalnya," katanya.

Sementara PR Savoy Homann Bidakara Hotel Bandung, Malinda Dinangrit mengatakan, untuk 29 Maret semua kamar sudah terpesan penuh. Namun pada 30 Maret baru 70 persen kamar yang telah terpesan, dan 31 Maret hanya 50 persen kamar yang sudah terpesan.

Soal tarif, Malinda mengatakan pada libur panjang akhir pekan ini Savoy Homann Bidakara Hotel Bandung sedang menggelar promo. Tarif menginap di hotel bersejarah tahun, itu lebih murah dari biasanya. "Kami lagi ada promo tarif untuk long weekend. Dari room rate Rp 1,2 juta bisa hemat Rp 475.000," ujarnya.

Lain lagi dengan Arion Swiss-Belhotel Bandung. Di hotel bintang yang terletak di Jalan Otista Bandung, itu justru room rate libur panjang akhir pekan lebih mahal dari biasanya. Namun mulai 31 Maret sampai 3 April, ada promo khusus dengan tarif hanya Rp 500.000 per malam.

"Kalau di Santika tarif normal saja, tak naik tak turun. Bagi kami, long weekend atau bukan ya sama saja," kata Martini. (Tribunnnews)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×