kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45760,32   20,32   2.75%
  • EMAS1.009.000 0,70%
  • RD.SAHAM -1.08%
  • RD.CAMPURAN -0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Lion Boga bakal kembangkan jaringan forward bay di beberapa daerah


Selasa, 27 Agustus 2019 / 15:28 WIB
Lion Boga bakal kembangkan jaringan forward bay di beberapa daerah
Pekerja Lion Boga menyiapkan makanan untuk penumpang pesawat

Reporter: Agung Hidayat | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - TANGERANG. Perusahaan penyedia makanan dan minuman dalam penerbangan, PT Lion Boga berencana memperluas jaringan distribusi katering Lion Group. Anak usaha Lion Air tersebut saat ini telah menyuplai kebutuhan makanan pesawat Lion.

Namun di beberapa titik penerbangan, Lion Group masih mengandalkan third party atau pihak ketiga sebagai vendor katering pesawat mereka.

"Oleh karena itu kami ingin ambil alih, sehingga ke depannya kami dapat menyuplai kebutuhan penerbangan mulai dari Barat hingga Timur Indonesia," sebut Zulmat bin Zainal Abidin, Head of Lion Boga, Selasa (27/8).

Saat ini perusahaan telah merancang pembangunan forward bay sebagai food tank makanan di Makassar, keberadaan sistem forward tersebut bakal memudahkan distribusi makanan dan minuman di seluruh penerbangan. 

Baca Juga: KPPU akan gelar sidang dugaan kartel tiket pesawat awal September 2019

Sebab selama ini seluruh makanan untuk Lion Group disuplai langsung dari Bandara Soekarno-Hatta yang mendapatkan kiriman makanan dari pabrik Lion Boga di Tangerang.

Lion Boga sekarang fokus menjadi penyedia utama catering Lion Group, sehingga tidak ada rencana merambah pelanggan baru ke depannya. "Semua produksi kami untuk Lion Group, jadi bisnis kami berkembang seiring penambahan jalur penerbangan di grup ini," sebut Zulmat.

Mengenai pertumbuhan bisnis setiap tahunnya, manajemen belum dapat membagikan detil. Namun perusahaan optimis sebab bidikan market catering Lion Boga jelas dari grup sendiri dan pasarnya sudah terbentuk.

Baca Juga: Lion Air Group menyesuaikan tarif kelebihan berat bagasi saat pelaporan

Pabrik Lion Boga diketahui mampu memproduksi 20.000 meal (makanan berat) per hari dan 40.000 potong - 50.0000 potong roti per hari. Mayoritas 80% produksi untuk menyuplai kebutuhan Batik Air yang memang include makanan dalam trip-nya, sisanya diperuntukkan bagi penerbangan Lion Air dan Wings Air.

Untuk Batik Air saja, Lion Boga dapat melayani 200 hingga 300 penerbangan setiap hari, tak heran ada 15 trip pengangkutan dari pabrik menuju Bandara di Cengkareng, Banten. Untuk itu perusahaan disokong oleh 1.900 karyawan, dengan lini produksi yang bekerja dalam 3 shift untuk satu hari.

Pabrik Lion Boga berdiri di kawasan Lion Group dengan luas bangunan sekitar 7.800 meter persegi dan dilengkapi mesin blast chiller dan blast freeezer yang didatangkan dari Italia. Untuk masa mendatang, perusahaan berencana memasang alat produksi dry ice agar dapat menjaga kualitas makanan supaya tetap awet.

Menu makanan Lion Boga cukup variatif, dimana setiap penerbangan dan tujuan tertentu bakal disajikan menu khas daerah tersebut. Hal ini merupakan inovasi perusahaan agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen airlines group tersebut.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×