kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

M. Lutfi ditunjuk jadi Menteri Perdagangan?


Selasa, 11 Februari 2014 / 13:07 WIB
M. Lutfi ditunjuk jadi Menteri Perdagangan?
ILUSTRASI.


Sumber: TribunNews.com | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Muhammad Lutfi dikabarkan bakal segera dilantik menjadi menteri Perdagangan untuk menggantikan posisi Gita Wiryawan yang mundur  dua pekan lalu.

"Pak Lutfi akan dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) besok (12/2) di Istana Negara. Beliau sudah mendapat panggilan dari Presiden," ungkap seorang pejabat di lingkungan istana Presiden, Selasa (11/2).

M. Lutfi memang bukan orang baru bagi Presiden SBY. Sebelum ditunjuk sebagai Duta Besar Indonesia di Jepang sejak tahun 2010, Lutfi merupakan bagian dari Kabinet Indonesia Bersatu jilid I dengan menjabat sebagai Kepala BKPM. Salah satu pendiri Mahaka Group ini tercatat sebagai orang termuda yang menduduki jabatan itu.

Kinerja Lutfi selama menjabat Kepala BKPM sangat positif. Hal itu ditunjukkan dengan laju investasi di Indonesia yang selalu tumbuh double digit setiap tahun.

Sebagai contoh, jika ditahun 2004 nilai investasi ke Indonesia hanya sekitar Rp 62 triliun, di tahun 2005 naik menjadi  Rp 117,9 triliun dan  pada akhir periode jabatan Lutfi di tahun 2009, nilai investasi ke berbagai sektor industri di Indonesia mencapai Rp 135 triliun. Setahun sebelumnya, ketika krisis finansial global mulai menjalar ke seluruh dunia, BKPM berhasil menarik investasi sebesar Rp 154,2 triliun.

Ketika menjadi Duta Besar Jepang, Lutfi juga berhasil membangun hubungan positif dengan para investor negeri matahari terbit itu untuk berinvestasi ataupun meningkatkan investasinya di Indonesia.

Hasilnya, di tahun 2013 lalu Jepang kembali menjadi investor asing terbesar di Indonesia menyalip posisi Singapura. Data BKPM per Juni 2013 mencatat, nilai investasi Jepang mencapai US$ 2,3 miliar, sementara Singapura US$ 1,9 miliar.

Hasil survei Japan Bank of International Cooperation (JBIC) mengungkapkan, pada tahun 2013 Indonesia merupakan negara tujuan investasi nomor satu bagi perusahaan-perusahaan Jepang. Peringkat itu meningkat tajam dibandingkan tahun 2010 yang masih berada di posisi 6.

Terkait penunjukkan M. Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, Ketua Apindo Sofjan Wanandi mengatakan, dengan pengalamannya sebagai Kepala BKPM dan jaringan-nya setelah menjadi Dubes Jepang, M Lutfi  dapat  mengisi kekosongan fungsi dan peran menteri perdagangan.

"Dia harus kerja keras dan tetap fokus pada program yang sudah ada. Waktu 6 bulan  tidak mungkin untuk lakukan terobosan, yang penting selesaikan masalah distribusi, kendalikan gejolak harga dan inflasi," katanya.

Sofyan menambahkan, Apindo akan mendukung dan membantu untuk membuat perdagangan menjadi positif. Namun Sofjan mengingatkan, sebaiknya Lutfi meneruskan program yang sudah ada dan segera melakukan konsolidasi internal agar kinerja kabinet menteri ekonomi tidak mundur.

Pengamat Ekonomi M. Erani Yustika menilai, menteri perdagangan memiliki peran dan tanggungjawab yang berat agar neraca perdagangan tetap positif seperti di bulan Desember yang surplus US$1,5 miliar.

Apalagi tahun ini nilai tukar rupiah diperkirakan masih akan mengalami fluktuasi dengan potensi inflasi tinggi akibat pemilu. (

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×