kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mandala fokus ke rute regional


Senin, 07 Mei 2012 / 06:40 WIB
Mandala fokus ke rute regional
ILUSTRASI. Harga mobil bekas mulai dari Rp 70 juta per akhir April 2021 berjenis MPV./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/17/01/2021.


Reporter: Azis Husaini | Editor: Edy Can

KUALA LUMPUR. Tahun ini Mandala Airlines akan mengutamakan pembukaan rute internasional terlebih dahulu ketimbang membuka rute domestik. Saat ini Mandala telah melayani rute penerbangan lokal Jakarta-Medan, rute internasional Medan-Singapura, dan Jumat (4/5) lalu, Mandala meresmikan rute baru, yaitu rute Jakarta-Kuala Lumpur.

Komisaris Utama Mandala Airlines, Diono Nurjadin, mengungkapkan pembukaan rute internasional akan lebih diprioritaskan ketimbang pembukaan rute domestik. Keputusan ini lantaran persaingan di rute internasional untuk maskapai low cost carrier belum terlalu ketat seperti halnya di penerbangan dalam negeri. "Kalau domestik memang sudah sesak, apalagi pesaing kami telah memiliki jumlah pesawat banyak, sementara kami baru tiga pesawat," ujar Diono, Sabtu (5/5).

Alasan lain akan lebih fokus membuka rute luar negeri sebab promosi penjualan tiket Mandala Airlines lebih mudah karena bermitra dengan Tiger Airways yang merupakan salah satu pemegang saham Mandala Airlines. Kata Diono dengan cara bersinergi tersebut, pihaknya lebih mudah melakukan promosi kepada penumpang di luar negeri sebab selama ini Tiger Airways telah dikenal di kawasan Asia. "Jadi kami juga akan pakai link Tiger Airways untuk promosi Mandala Airlines," imbuhnya.

Dengan strategi tersebut, pihaknya optimistis bisa terus menambah jumlah penumpang Mandala Airlines di dua rute internasional dan satu rute domestik. "Jadi dengan tiga rute yang telah kami miliki itu, target akan keterisian penumpang dari 80% sampai 84%," ujar dia.

Mengenai rute terbaru Jakarta-Kuala Lumpur yang dibuka mulai Jumat lalu, Mandala akan melayaninya dengan frekuensi 14 penerbangan per minggu.

Soal ekspansi pembukaan rute baru, Diono hanya menjelaskan, bahwa Mandala Airlines akan membuka rute-rute internasional dengan syarat jarak tempuhnya tidak kurang dari empat sampai lima jam. Misalnya ke Hong Kong atau India. Sekadar informasi, tahun ini Mandala akan mendatangkan 7 pesawat baru jenis Airbus A320. Sementara saat ini baru tiga pesawat yang sudah dioperasikan.

Seperti telah ditulis KONTAN, Mandala Air mulai beroperasi lagi sejak bulan April kemarin setelah menghentikan operasi Januari 2011 karena kesulitan keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×