Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) mencatatkan perbaikan kinerja pada kuartal I-2025 dengan kenaikan penjualan sebesar 35,9%, dari Rp405,6 miliar di kuartal I-2024, menjadi Rp551,2 miliar.
Penjualan domestik terpantau tumbuh 69,9% dari Rp229,9 miliar di kuartal I-2024 menjadi Rp390,7 miliar.
Capaian positif ini didukung oleh kinerja penjualan masing-masing kategori segmen produk yang mencatatkan pertumbuhan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Presiden Direktur Mandom Indonesia Koichi Watanabe menyatakan pertumbuhan tertinggi dicatatkan oleh kategori produk perawatan kulit dan make up yang mencapai 60,1% dibanding kuartal I-2024 yaitu dari Rp130,1 miliar menjadi Rp208,4 miliar.
Baca Juga: Mandom Indonesia (TCID) Terus Memoles Kinerja Bisnis
“Kedua kategori produk lainnya yaitu wangi-wangian dan perawatan rambut masing-masing tumbuh sebesar 43,9% dan 14,0% dibanding kuartal I-2024,” ungkap Koichi, dalam siaran pers, Rabu (30/4).
Sementara itu, penjualan ekspor mencatatkan penurunan penjualan sebesar 8,6% yaitu dari Rp175,7 miliar di kuartal I-2024 menjadi Rp160,6 miliar.
Di sisi biaya, beban pokok penjualan tercatat naik 12,9% dibanding kuartal I-2024 yaitu dari Rp349,3 miliar menjadi Rp394,4 miliar.
Namun demikian, rasio beban pokok penjualan terhadap penjualan bersih mencatatkan perbaikan, dari 86,1% di menjadi 71,6%.
Hal ini membuat laba kotor mencatatkan pertumbuhan signifikan sebesar 178,6% menjadi Rp156,8 miliar.
Beban usaha naik sebesar 40,4% dibanding kuartal I-2024 seiring dengan investasi pada kegiatan iklan dan promosi yang semakin aktif untuk mendukung peluncuran beberapa produk baru yang diluncurkan sejak kuartal IV-2024.
Pada periode Januari-Maret 2025, Mandom Indonesia berhasil mencatatkan laba usaha dan laba bersih yaitu masing-masing sebesar Rp32,2 miliar dan Rp30,2 miliar.
“Capaian ini menunjukkan perbaikan kinerja yang cukup signifikan bagi Mandom Indonesia,” tambahnya.
Sejumlah produk baru yang diluncurkan pada kuartal IV-2024 dari berbagai merek seperti GATSBY, PIXY, PUCELLE, LOVILLEA, LUCIDO-L dan lainnya mencatatkan kinerja yang sangat baik dibanding periode Januari-Maret 2024.
Di tahun 2024, Mandom Indonesia meluncurkan cukup banyak produk baru termasuk seri kosmetik wanita PIXY yang memperkenalkan sejumlah seri dan produk baru dalam rangka mendukung proses rebranding PIXY yang dilakukan sejak akhir tahun 2024.
Berbagai upaya dan strategi yang disiapkan sejak tahun 2024 membuahkan hasil positif di awal tahun 2025 seperti merek PIXY yang mampu mencatatkan pertumbuhan kinerja double digit yang signifikan.
“Di tahun 2025, kami akan berupaya untuk dapat mencatatkan pertumbuhan penjualan yang positif dan kembali mencatatkan laba bersih melalui berbagai strategi yang telah dipersiapkan,” tandasnya.
Selanjutnya: DFSK Perkenalkan SUV Listrik Seres 3 di PEVS 2025, Harga Mulai Rp370 Juta
Menarik Dibaca: Resep Sambal Matah Khas Bali, Pelengkap Hidangan agar Makin Nikmat
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News