Reporter: Agung Hidayat | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar kosmetik tahun ini diprediksi masih cerah dan punya potensi untuk tumbuh lebih baik dibandingkan tahun lalu. Untuk itu para pelaku usaha tak hanya memperebutkan pasar ritel fisik, namun juga mulai memantapkan diri lewat medium digital seperti e-commerce dan media sosial lainnya.
PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) misalnya secara aktif bekerjasama dengan berbagai e-commerce terkenal seperti Blibli.com, Lazada, Sociolla dan lainnya. Alia Dewi, Sekretaris Perusahaan TCID mengatakan manajemen melihat pasar digital masih banyak diisi oleh aktivitas jual-beli produk kosmetik, sehingga kesempatan ini tak disia-siakan oleh perseroan.
Baca Juga: Perkuat Promosi, Martina Incar Penjualan Tumbuh hingga 20%
Untuk porsi penjualannya terhadap total revenue TCID, Alia mengaku masih belum terlalu besar saat ini. "Porsinya kalau terhadap total penjualan masih kecil," ujarnya kepada Kontan.co.id, Jumat (31/1).
Selain penjualan lewat e-commerce, potensi promosi yang lebih efisien juga didapat dari internet dengan keberadaan media sosial dan influencer. TCID tak menanggap remeh keberadaan influencer yang terkadang me-review berbagai produk kosmetik di media sosialnya.