kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mandom tambah kapasitas produksi


Jumat, 22 Maret 2013 / 08:00 WIB
Mandom tambah kapasitas produksi
ILUSTRASI. Jangan Buru-Buru Dibuang, Inilah Kulit Buah yang Memiliki Manfaat Baik untuk Kulit


Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Amailia Putri

JAKARTA. PT Mandom Indonesia Tbk akan memperbesar kapasitas produksi kosmetik dari 970 juta pieces per tahun menjadi 1,55 miliar pieces per tahun. Peningkatan kapasitas produksi tersebut akan terjadi sejalan dengan pemindahan pabrik dari Sunter ke Kawasan Industri MM2100, Cibitung.
Sebelumnya, Mandom telah memiliki satu pabrik di kawasan industri yang dikembangkan oleh PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk ini. "Pemindahan pabrik bertujuan mendukung pertumbuhan penjualan dan efisiensi produksi", ujar Alia Dewi, Sekretaris Perusahaan Mandom, Kamis (21/3).
Rencananya, di atas tanah seluas 148.000 meter persegi (m2), Mandom akan membangun kantor pusat dan pabrik kosmetik. Total investasi untuk pembangunan pabrik itu diperkirakan mencapai Rp 390 miliar.

Proses konstruksi akan mulai dilakukan pada Juni 2013 mendatang. Targetnya, pabrik baru emiten berkode saham TCID ini sudah bisa rampung pada Desember 2014. Selanjutnya, pemindahan peralatan produksi dari pabrik Sunter ke Cibitung akan dimulai pada Januari 2015.
Proses pemindahan mesin itu diproyeksikan akan berlangsung selama tiga bulan. Jika tidak ada aral merintang, pabrik baru Mandom di Cibitung tersebut sudah bisa beroperasi komersial pada April 2015.

Alia bilang, program peningkatan produksi ini merupakan upaya perusahaan untuk meraih target penjualan hingga Rp 3 triliun pada tahun 2016 nanti. Tahun 2013, perusahaan sebelumnya bernama PT Tancho Indonesia ini menargetkan bisa membukukan pendapatan Rp 2 triliun. Jika tercapai, angka tersebut naik sekitar 8% dari realisasi pendapatan tahun lalu yang sebesar Rp 1,85 triliun.

Selain penambahan kapasitas produksi, tahun ini, Mandom juga berencana menambah jenis produk. "Setiap tahun, kami pasti ada penambahan produk," tutur Alia. Namun, ia mengaku belum mengetahui secara detail mengenai produk apa saja yang bakal keluar tahun ini.
Sebagai gambaran, tahun 2012 lalu, total tambahan produk Mandom mencapai 100 stock keeping unit (SKU), baik domestik maupun untuk keperluan ekspor. Mandom juga berencana mengeluarkan merek baru, yaitu Lucido-L yang merupakan produk perawatan dan tata gaya rambut. Adapun, beberapa merek kosmetik keluaran Mandom antara lain Gatsby, Pixy, dan Pucelle.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×