Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri properti mulai bergeliat. Hal ini ditunjukan dengan pra penjualan atau marketing sales dari sejumlah perusahaan properti yang mulai naik. Salah satunya PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) yang sukses kerek marketing sales apartemen 15,96% hingga kuartal III-2022.
Pakuwon Jati mencatatkan marketing sales apartemen sebesar Rp 528,9 miliar hingga kuartal III-2022. Capaian ini lebih tinggi hampir 16% daripada marketing sales per kuartal III-2021 yang senilai Rp 456 miliar.
Direktur dan Corporate Secretary Pakuwon Jati Minarto Basuki menyebut, apartemen yang berada di kawasan superblok masih cukup tinggi peminatnya. Begitu juga dengan apartemen milik perseroan, yang juga berada di kawasan superblok atau terintegrasi dengan mal, hotel, serta perkantoran.
Baca Juga: Pakuwon Jati (PWON) Ekspansif Garap Bisnis Mal
"Dari pasokan apartemen unit ready yang berada di Kota Kasablanka Jakarta, Tunjungan Plaza, Pakuwon Mall dan Amor Pakuwon City sudah terjual 90%," ujar Minarto kepada Kontan.co.id, Kamis (27/10).
Meski tak membeberkan lebih detail, Minarto berujar bahwa PWON masih akan terus menggarap proyek apartemen baru. Seperti saat ini, Pakuwon Jati tengah mengembangkan proyek superblock Pakuwon Bekasi, yang terdiri dari retail mall, dua hotel dan empat apartemen.
Minarto menyebut, PWON sudah mengeluarkan investasi sebesar Rp 775 miliar hingga kuartal III-2022 untuk mengembangkan proyek anyar ini. Untuk diketahui, sampai saat ini kontribusi unit bisnis apartemen tercatat mencapai 25% dari total pendapatan Pakuwon Jati hingga kuartal ketiga tahun ini.
PWON belum merilis secara resmi laporan keuangan kuartal III-2022. Namun, hingga semester pertama lalu, pendapatan bersih tercatat PWON tumbuh 11,8% menjadi Rp 2,75 triliun, dari semula Rp 2,46 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.
Laba bruto juga tercatat tumbuh menjadi Rp 1,41 triliun di semester pertama tahun ini. Capaian itu lebih tinggi 21% dibandingkan perolehan pada tahun lalu yang senilai Rp 1,17 triliun. Di sepanjang tahun ini perusahaan punya target untuk mencapai marketing sales sebesar Rp 1,7 triliun. Di mana, realisasinya tercatat sebesar Rp 800 miliar di semester I-2022.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News