Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten kosmetika PT Martina Berto Tbk (MBTO) membidik penjualan bisa tumbuh 20% year on year (yoy) di sepanjang 2020. Perusahaan yang biasa dikenal Martha Tilaar ini punya strategi khusus karena bidikan pertumbuhannya cukup signifikan dibandingkan tahun lalu.
Sekretaris Perusahaan Martina Berto, Muhammad Shabri Hasan mengungkapkan proyeksi pertumbuhan penjualan di 2019 sekitar 6% yoy. "Adapun sepanjang 2020, Martina Berto membidik penjualan 20% yoy," jelasnya kepada Kontan.co.id, Selasa (18/2).
Baca Juga: Pelaku industri kosmetik dorong promosi dan penjualan diberbagai lini
Adanya bidikan pertumbuhan yang signifikan ini, Shabri mengungkapkan, ada sejumlah strategi yang sudah disiapkan MBTO, yakni meluncurkan produk baru dan pengembangan saluran belanja online.
Shabri menjelaskan di tahun ini Martha Tilaar Group melakukan pemilihan produk yang unggul dan menguntungkan. Di 2020, MBTO sudah menyiapkan 17 Stock Keeping Unit (SKU) yang akan dirilis. Di antaranya, Sari Ayu tren warna 2020, produk baru dekoratif, make up base, Mirabella, dan produk mans grooming.
Adapun Shabri bilang Martina Berto juga melakukan kegiatan pemasaran dengan memberikan porsi yang lebih besar di media digital. Selain itu, juga mengembangkan penjualan online-nya lewat kerjasama dengan market place.
Baca Juga: Begini strategi produsen kosmetik penetrasi pasar di 2020
Selain dari sisi penjualan, Shabri menyatakan MBTO juga akan melaksanakan konsolidasi profitabilitas melalui pemakaian dana promosi yang efektif dan efisien sehingga bisa menghasilkan laba. Martina Berto juga akan melakukan pembenahan di tingkat stok pasar sehingga selaras antara produksi, stock di gudang dan permintaan pasar.
Menanggapi persaingan bisnis dengan produk impor kecantikan terutama dari Korea, diakui Shabri sama halnya dengan tekanan dari produk kompetitor dalam negeri. Oleh karenanya cara Martina Berto menyikapinya dengan meningkatkan penjualan dan brand awareness kepada kalangan muda.
Asal tahu saja, MBTO sebagai produsen kosmetik lokal tidak ketergantungan bahan baku impor. Malahan, perusahaan kosmetik ini membeli bahan baku seluruhnya dari dalam negeri.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News