kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masuk e-commerce, XL Axiata mendirikan Elevenia


Kamis, 20 Maret 2014 / 12:35 WIB
Masuk e-commerce, XL Axiata mendirikan Elevenia
ILUSTRASI. Harga emas spot kembali tertekan


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Lini bisnis e-commerce atawa belanja online akan menjadi ladang baru bagi PT XL Axiata Tbk mencari pundi-pundi rupiah. XL bekerja sama dengan SK Planet, anak usaha dari SK Telecom, perusahaan operator asal Korea Selatan untuk membuat situs belanja elevenia.co.id. Pembagian porsi saham antara SK Planet dan XL masing-masing 50%. Untuk membuat elevania.co.id, dana yang dikucurkan sebesar US$ 36,6 juta selama empat tahun.

Perusahaan operator telepon seluler ini menargetkan bisnis e-commerce akan berkontribusi 10% terhadap pendapatan konsolidasi XL di tahun 2018. Dian Siswarini, Direktur Digital Services PT XL Axiata Tbk mengatakan, dalam dua tahun terakhir, pihaknya menghabiskan dana hingga US$ 20 juta untuk pengembangan e-commerce untuk sistem dan keamanan, lantaran yakin bisnis e-commerce berpeluang untuk tumbuh.

Kendati begitu, Dian menargetkan XL baru mengantongi laba dari bisnis e-commerce ini dalam lima tahun mendatang. "Tahap awal ini, kami tak terlalu berharap revenue dan profit dari sini," ujarnya.

Menurut Dian, setidaknya, ada tiga sumber pendapatan bisnis ini. Pertama, adalah pendapatan dari transaksi (transaction fee). Kedua, listing fee dari penjual yang ingin buka lapak di elevenia.co.id. Ketiga, pendapatan dari iklan. "Tapi, karena kami masih baru, jadi tak ada transaction fee dan listing fee. Iklan juga belum," ungkapnya.

Saat ini, perusahaan ini masih meningkatkan jumlah penjual untuk membuka lapak dan bertransaksi di situs ini. Baru enam bulan kemudian, XL mendapatkan pendapatan dari tiga sumber tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×