Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Dupla Kartini
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF) pada tahun ini menargetkan pertumbuhan rata-rata penjualan tiap gerai alias same store sales growth (SSSG) di level 4%-6%. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan SSSG pada tahun lalu yang minus 1,2%.
CFO LPPF Clarissa Joesoep mengatakan, untuk mencapai target peningkatan tersebut, perusahaan melakukan inisiatif-inisiatif terkait produk. Selain itu, perusahaan juga melakukan renovasi beberapa gerai.
"Harapannya top line dan bottom line meningkat, tahun lalu SSSG turun 1,2%, tetapi top line dan bottom line naik. Tahun ini target 4%-6% harapannya pertumbuhan penjualan dan laba bisa lebih baik," ujarnya di Jakarta, Jumat (26/4).
Salah satu yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan SSSG adalah menggandeng pihak lain. Seperti kerja sama dengan Disney untuk menjual produk-produk ekslusif di gerai-gerai milik perusahaan. "Penjualan merchandise children itu sangat kuat di season Lebaran," papar Clarissa.
Tak hanya bekerja sama dengan perusahaan global, LPPF juga menggandeng pihak lokal yaitu beberapa desainer terkemuka untuk mendesain produk-produknya. Salah satunya terkait dengan pakaian muslim selama bulan Ramadan.
Asal tahu saja, kendati sepanjang tahun lalu SSSG perusahaan minus 1,2%, namun pada kuartal terakhir justru meningkat. Pada kuartal IV-2017, SSSG tercatat naik 3,7%, sehingga tahun ini diperkirakan tren peningkatannya masih akan berlanjut.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News