kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

McD Gelar program hiring day untuk jaring karyawan


Kamis, 05 April 2018 / 15:25 WIB
McD Gelar program hiring day untuk jaring karyawan


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Rekso Nasional Food, pengelola jejaring Mc Donald's di Indonesia akan menggelar McDonald's hiring day pada Senin (9/4) pekan depan. Tak tanggung-tanggung, dalam program ini perushaan menargetkan bisa menjaring lebih dari 3000 karyawan baru untuk bergabung.

Yulianti Hadena, Direktur SDM PT Rekso Nasional Food mengatakan rekrutmen dilakukan perusahaan setiap tahun. Hanya saja pada tahun ini perusahaan memiliki program khusus dengan jumlah rekrutan yang lebih banyak.

"Ini kami lakukan setiap tahun tetapi ini beda, karena kali ini kami coba sentuhan McD khusus yang diadakan di restoran. Selama ini kami ikuti career day itu banyak pertanyaan dari calon karyawan," ujar Yulianti kepada Kontan.co.id, Kamis (5/4).

Dengan diadakan di 44 gerai ini nantinya selain menjaring karyawan dekat area gerai juga membuat calon karyawan bisa melihat langsung pola kerja yang ada di gerai. Setiap gerai, rata-rata jumlah pekerjanya mencapai 40-50 orang sedangkan untuk gerai yang besar mencapai 100 orang.

Menurut Yulianti saat ini jumlah karyawan McD lebih dari 10.000 karyawan yang tersebar di 181 gerai perusahaan. Tidak hanya untuk operasional gerai saja, tetapi juga untuk armada pengiriman hingga level top manajemen. 

Karenanya, Yulianti berharap hal ini akan memperkuat SDM perusahaan. "Kami memang buka, setiap tahun jumlahnya tidak tetap tergantung kebutuhan. Pada tahun ini kami butuhkan 3000 karyawan, tahun ini memang inisiatif kami untuk lebih dekat dengan masyarkat," lanjutnya.

Selain melakukan perekrutan terbuka, perusahaan juga menjaring karyawan baru melalui program pemagangan. Saat ini, ada dua opsi yakni pemagangan selama tiga bulan dan enam bulan.

Oleh karena itu sejak dua tahun terakhir, pemilik gerai McDonald's Indonesia tersebut menggandeng Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP). Menurutnya, hal tersebut bisa membantu pemerintah mengurangi tingkat pengangguran terbuka.

"Sekarang ini mereka (FKJP) banyak memberikan kepada kami dan itu bisa jadi barista atau lainnya. Jadi kami sama-sama senang, merek FKJP ini banyak memberikan pemagang yang masih mahasiswa," ujar Yulianti.

Selain itu, perusahaan saat ini juga menjalankan program vokasi untuk SMK binaan. Saat ini perusahaan baru ada satu sekolah dan akan bertambah dalam waktu dekat. Tidak hanya di Jabodetabek, perusahaan akan meluaskan hal ini ke depanya.

"Kami akan jajaki ke daerah lain juga karena ini kan banyak SMK dan SMA yang bener-bener menerima kami. Bahkan alumni-alumninya sendiri yang tanya soal program vokasi dan mereka senang sekali," jelas Yulianti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×