kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Medco (MEDC) akan fokus selesaikan akuisisi Ophir tahun ini


Selasa, 19 Februari 2019 / 19:26 WIB
Medco (MEDC) akan fokus selesaikan akuisisi Ophir tahun ini


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) dalam beberapa tahun terakhir gencar melakukan akuisisi baik di sektor migas maupun pertambangan. Paling anyar adalah akuisisi Ophir Energy Plc (OPHR).

Medco melalui anak usahanya Medco Energi Global PTE. Ltd saat ini sedang memproses akuisisi Ophir dengan nilai sebesar £ 390,6 juta. Direktur Utama Medco, Hilmi Panigoro mengatakan rencana akuisisi Medco tahun ini akan fokus pada penyelesaian akuisisi Ophir.

Pasalnya akuisisi Ophir ini juga bisa saja batal. "Kalau take over perusahaan publik itu ada tata kramanya, jadi kami harus ikut tata krama yang dibuat oleh otoritas di sana. Penentuannya pada saat mereka voting, kalau mayoritas menerima ya selesai. Tapi kalau mayoritas menolak tidak jadi walaupun manajemennya sudah di-endorse," jelas Hilmi pada Selasa (19/2).

Hilmi bilang penentuan voting rencananya akan digelar akhir Maret 2019. Medco pun siap kalau ternyata mayoritas pemegang saham Ophir menolak rencana akuisisi.

Menurut Hilmi, Medco bisa mencari perusahaan lain untuk diakuisisi. "Ya tidak apa-apa kalau ditolak, kami cari yang lain," imbuhnya.

Biarpun begitu, Hilmi masih berharap bisa mendapatkan Ophir. Apalagi cadangan dan produksi Ophir sesuai dengan portofolio Medco.

"Kalau ekspansi migas itu bisa dua macam, bisa eksplorasi atau akuisisi.  Nah akuisisi dua hal yang dicari, produksi sama cadangan. Menurut analisa kami, produksi cadangan mereka dan harga  yang ada dipasar cocok dengan metrix kami. Nah, kebetulan tawaran kami disambut oleh board-nya," katanya.

Untuk pembayaran Ophir, Hilmi mengaku Medco sudah menyiapkan pembayaran. Pembayaran akan berasal dari kas internal dan eksternal. Tidak menutup kemungkinan penerbitan obligas. "Selalu ada rencana obligasi," imbuhnya.

Jika akuisisi Ophir ini berjalan sesuai rencana, maka produksi migas Medco akan bertambah 27.000 boepd menjadi 110.000 boepd. Saat ini produksi Medco sebesar 85.000 boepd.

Cari kesempatan ekspansi

Biarpun fokus penyelesaian akuisisi Ophir, namun Hilmi mengaku pihaknya terus mencari peluang bisnis terutama si sektor migas.

"Bisnis development kami selalu mencari opportunity, migas ini kan energi yang tidak terbarukan, jadi mencari cadangan dan produksi baru harus dilakukan, caranya eksplorasi dan akuisisi jadi kami selalu cari opportunity," ujarnya.

Salah satu blok migas yang dilirik Medco adalah Blok Corridor yang saat ini dioperatori oleh ConocoPhillips. Menurut Hilmi, Medco akan memasukkan penawaran jika mendapatkan kesempatan dari pemerintah.

Pasalnya dalam aturan, penawaran blok terminasi diprioritaskan kepada kontraktor eksisting, Pertamina, baru kontraktor lain dengan mekanisme lelang.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×