kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Membandingkan kecepatan internet harus apple to apple


Rabu, 06 Februari 2019 / 21:52 WIB
Membandingkan kecepatan internet harus apple to apple

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu keluhan masyarakat adalah lambatnya kecepatan internet. Data Ookla menyebutkan, kecepatan internet di Indonesia di peringkat juru kunci. Rata-rata kecepatan internet kabel di Indonesia adalah 15,5 mbps, sementara rata-rata kecepatan internet kabel dunia sebesar 54,3 mbps. Sementara kecepatan internet seluler Indonesia tercatat sekitar 10,5 Mbps dan rata-rata kecepatan internet selular dunia ada di angka 25,1 mbps.

Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Agung Harsoyo mengatakan, dalam menghitung kecepatan internet seharusnya memasukkan beberapa variabel seperti menghitung kecepatan internet melalui jaringan internet fixed line atau mobile.  Selain itu metode perhitungan juga seharusnya menggunakan pembagi dari jumlah pengguna internet yang ada di suatu negara, sebaran penduduk dan letak geografis.

Menurut Agung, Indonesia itu unik dan khas. Sehingga dalam menghitung kecepatan internet suatu negara seharusnya disesuaikan dengan karakteristik negara tersebut. Seharusnya variabel perhitungan kecepatan internet di Indonesia juga memasukkan komponen geografis yang unik dengan wilayah kepulauan, sebaran pengguna dan jumlah penduduk yang cukup banyak. "Tujuannya agar hasil yang didapatkan akan lebih fair dan mendekati kenyataan. Operator di Indonesia membangun hingga daerah terpencil yang sulit akses dan infrastrukturnya. Beda dari negara lain,” terang Agung, dalam pernyataan tertulis, Rabu (6/2).

Agung mencontohkan Belgia, yang luas wilayahnya tak lebih besar dari provinsi Jawa Tengah. Operator di sana mudah menarik serat optik dan membangun base transceiver station (BTS)  di seluruh wilayahnya. Agung mengklaim sebenarnya kecepatan internet di Indonesia khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan atau Bandung tak kalah dengan ibukota negara tetangga seperti Kuala Lumpur bahkan Bangkok. “Sampai kapanpun kalau membandingkan kecepatan internet Indonesia dengan Singapura, sampai kapanpun tak akan bisa kita mengalahkan mereka. Jadi kalau mau membandingkan harus apple to apple,” tegas Agung.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×