kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menakar investasi baru di 2020, dari tekstil hingga petrokimia


Rabu, 01 Januari 2020 / 19:01 WIB
Menakar investasi baru di 2020, dari tekstil hingga petrokimia
ILUSTRASI. Pekerja memproduksi kaos di industri konveksi rumahan di Lesanpuro, Malang, Jawa Timur, Selasa (17/9/2019).


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mematok target investasi yang masuk ke Indonesia mencapai Rp 886 triliun di tahun 2020 ini. Berbagai sektor industri diperkirakan masih menggeliat aliran investasinya, salah satunya manufaktur.

Dari sisi tekstil misalnya, dengan populasi penduduk yang besar dan sudah memiliki banyak pemain di bidang ini, Indonesia masih dipercaya sebagai ladang para pengusaha tekstil berinvestasi.

Baca Juga: Pemerintah buka peluang impor daging sapi dan kerbau tahun depan

"Khususnya untuk garmen saya lihat masih ada kemungkinan menambah lagi," sebut Rizal Rakhman, Sekretaris Jenderal Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) kepada Kontan.co.id, Selasa (31/12).

Dari sektor hilir tekstil yakni garmen, tampaknya masih punya potensi untuk tumbuh, namun dari sisi hulu dan tengah tekstil kata Rizal masih belum ada tanda-tanda menambah investasi.

Kondisi ini disebabkan oleh penyerapan bahan baku tekstil asal dalam negeri yang masih belum maksimal, sehingga pelaku usaha masih wait and see.

"Sementara untuk garmen memang ekspornya menguat akibat imbas dari perang dagang," kata Rizal.

Namun perolehan tersebut belum mampu menggambarkan keseluruhan industri tekstil, ia berharap pemerintah dapat mendorong penyerapan bahan Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) dalam negeri, agar secara konsolidasi industri tekstil dapat terus bertumbuh.

Baca Juga: Kementan sebut kebutuhan daging tahun depan sebanyak 600.000 ton

Berkaca pada laporan BKPM sampai kuartal-III 2019 total investasi dalam negeri di bidang tekstil mencapai Rp 1,02 triliun sedangkan investasi dari luar negeri sekitar US$ 165 juta.

Salah satu contoh perusahaan tekstil yang tercatat ekspansif di tahun ini misalnya PT Pan Brothers Tbk (PBRX) yang mengalokasikan belanja modal US$ 15 juta guna menambah kapasitas dan otomatisasi permesinan.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×