kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,33   -6,02   -0.65%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menhub: Proyek kereta bandara Adi Soemarmo rampung April 2019


Sabtu, 10 November 2018 / 21:07 WIB
Menhub: Proyek kereta bandara Adi Soemarmo rampung April 2019


Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke pembangunan jalur kereta api akses Kereta Bandara Adi Soemarmo-Solo Balapan di Surakarta, Sabtu (10/11). Proyek ini diperkirkan akan selesai pertengahan tahun 2019. Saat ini pengerjaannya sudah mencapai 30%.

Proyek sepanjang 13 kilometer ini nantinya akan menjadi sarana transportasi warga Solo, Madiun dan Klaten. Mereka yang tadinya harus menggunakan moda transportasi yang agak ribet kini hanya menggunakan 1 transportasi yaitu kereta.

"Dari Solo ke Bandara cuma 20 menit, dan hemat ongkos karena tidak harus ganti-ganti angkutan," kata Budi dalam keterangannya, Sabtu (10/11).

Menhub menambahkan, tidak ada kendala apapun dalam pengerjaan proyek tersebut. Dalam kunjungannya, Menhub langsung melihat proses pengerjaannya di lapangan.

Budi mengaku telah mendapat penjelasan dari Dirjen Kereta Api, Zulfikri terkait progres pembangunan proyek tersebut.

"Proyek kereta bandara saat ini 30%. Jadi kami harapkan paling lambat pertengahan tahun depan sudah selesai," ujarnya.

Meski begitu, ia berharap, Bulan Januari atau Maret 2019 KA-Bandara sudah selesai dan dapat dinikmati masyarakat Solo dan sekitarnya.

Menurutnya sekarang ini proyek Kereta Bandara digarap dengan tenang. Artinya tak ada kendala yang berarti.

"Tidak ada kendala. Memang awalnya ada kendala pada pembebasan lahan. Tapi sekarang sudah selesai," ujarnya.

Bahkan permasalahan tanah milik TNI AU di kawasan Boyolali seluas 2,5 hektar yang terdampak pembangunan proyek KA Bandara ini, menurutnya sudah selesai. "Tinggal pembangunan saja," imbuh Budi.

Terkait proyek lainnya seperti KRL Solo-Jogja, menurutnya, saat ini masih dikerjakan oleh pihak Kemenhub. "Lagi dijalankan. Kami optimistis paling lama tahun 2020 selesai," urainya.

Tidak hanya mengunjungi proyek, Menhub juga melakukan kunjungan ke Stasiun kereta yang hampir rampung, letaknya persis di samping Bandara Adi Soemarmo.

Pantauan di lapangan, tampak beberapa kursi sudah dipasang, dan tempat ticketing juga sudah siap, eskaltor juga sudah beroperasi dengan baik.

Pembangunan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada rakyat sesuai dengan Nawacita yang menjadi program nasional pemerintahan Jokowi-JK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×