kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Menhub resmikan Stasiun Metland Telga Murni


Selasa, 13 Agustus 2019 / 19:35 WIB

Menhub resmikan Stasiun Metland Telga Murni
ILUSTRASI. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas perjalanan kereta api

KONTAN.CO.ID -CIBITUNG. Kementerian Perhubungan resmikan stasiun baru, Stasiun Metland Telaga Murni, Cibitung, Selasa (13/8).

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan bahwa peresmian stasiun tersebut menjadi yang pertama hasil kerja sama antara pemerintah dan swasta. "Ini merupakan suatu kesuksesan dari proses yang memang disarankan presiden menggalang kerja sama pemerintah dengan swasta," ujarnya.

Baca Juga: Aturan baru KAI: Sepeda yang boleh dibawa hanya sepeda lipat

Menurutnya, hasil kerja sama tersebut juga bisa menjadi contoh untuk kerja sama antara pemerintah dan swasta lainnya.

Zulfikri, Dirjen Perkeretaapian menambahkan bahwa stasiun tersebut berdiri di luas tanah stasiun 2.051 m2 dengan luas bangunan 2.630 m2. "Fasilitas peron 260 meter untuk melayani 12 rangkaian kereta," tambahnya.

Sebelum diresmikan, ia menyebut pihaknya juga telah melakukan ujicoba sebanyak 3x. Dari sana terlihat bahwa tingkat penumpang selalu bertumbuh.

Baca Juga: Ini kata Menhub soal pengaruh devaluasi yuan ke proyek kereta cepat

Adapun ujicoba pertama dimulai Mei lalu dengan mengangkut sekitar 36.000 penumpang. Selanjutnya, pada Juni meningkat menjadi 44.000 penumpang dan pada Juli kembali bertambah menjadi 53.000 penumpang.

Saat peresmian Stasiun Metland Telaga Murni sekaligus serah terima aset yang dibangun oleh anak usaha PT Metropolitan Land Tbk dengan nilai Rp 51 miliar.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Editor: Azis Husaini

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×