kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,51   -5,84   -0.63%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menilik persoalan minimnya cadangan minyak Indonesia


Minggu, 23 Februari 2020 / 19:24 WIB
Menilik persoalan minimnya cadangan minyak Indonesia
ILUSTRASI. Petugas mengecek jaringan pipa minyak di kilang unit pengolahan (Refinery Unit) V, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (23/10/2019). Refinery Unit V memiliki kapasitas pengolahan minyak mentah 260 MBSD setara 25 persen dari kapasitas 'intake' nasional dan


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski memiliki wilayah yang luas, bukan berarti Indonesia lantas menjadi pemilik cadangan minyak terbesar di dunia.

Belum lama ini,mantan Wakil Menteri Energi Sumber Daya Indonesia Arcandra Tahar menyebut, cadangan minyak terbukti di Indonesia berada di bawah level 3 miliar barel. Jumlah tersebut hanya setara 0,2% dari total cadangan minyak dunia.

Ia juga berujar, cadangan minyak Indonesia bahkan disebut kalah banyak dibandingkan negara tetangga, Malaysia.

Baca Juga: Kementerian ESDM siap dorong pengajuan rencana pengembangan lapangan migas di 2020

Menanggapi hal tersebut, Deputi Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Julius Wiratno mengaku, minimnya cadangan minyak di Indonesia lantaran belum banyak penemuan cadangan baru dalam skala besar.

“Ini berkaitan juga dengan minimnya investasi di bidang eksplorasi migas,” kata dia, Jumat (21/2).

Berdasarkan data Kementerian ESDM, tahun lalu realisasi investasi di sektor migas tercatat sebesar US$ 12,5 miliar atau di bawah target sebesar US$ 13,8 miliar.

Jika dirinci, tahun lalu realisasi investasi di sektor hulu mencapai US$ 11,5 miliar sedangkan sektor hilir sebesar US$ 1 miliar.

Dalam keterangan pers, Rabu (19/2) lalu, Kementerian ESDM menargetkan total nilai investasi di sektor migas bisa mencapai US$ 117 miliar hingga tahun 2024. Khusus di tahun 2020, nilai investasi migas ditargetkan sebesar US$ 15 miliar.

Julius melanjutkan, untuk mencari cadangan minyak baru mau tidak mau diperlukan eksplorasi yang masif. Penerapan Enhanced Oil Recovery (EOR) juga mesti terus dilakukan pada tiap proyek migas di samping reaktivasi sumur-sumur minyak yang barangkali masih bisa berkontribusi.

Baca Juga: Ini kata pengamat soal dampak wabah virus corona ke sektor tambang




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×