kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, penjualan bulanan mobil88 meningkat 7%


Minggu, 22 Desember 2019 / 20:00 WIB
Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, penjualan bulanan mobil88 meningkat 7%
ILUSTRASI. Penjualan mobil bekas di Showroom Mobil88, Tebet, Jakarta, Rabu (23/1). Penjualan mobil bekas di tahun 2019 diperkirakan tetap tumbuh beriringan dengan laju pertumbuhan industri jual beli mobil baru.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Momentum liburan Natal dan Tahun Baru agaknya menjadi katalis yang positif bagi penjualan mobil bekas. Setidaknya, hal inilah yang dirasakan oleh mobil88.

Presiden Direktur mobil88, Halomoan Fischer mengatakan tren kenaikan permintaan mobil bekas menjelang akhir tahun umumnya dipicu oleh munculnya kebutuhan transportasi untuk mengunjungi keluarga ataupun sekadar ke luar kota dalam rangka merayakan liburan natal dan tahun baru.

Baca Juga: Peluang bisnis mobil bekas di tahun 2020, apakah masih juga lesu?

Di sisi lain, daya beli customer umumnya juga mengalami peningkatan menjelang akhir tahun dengan adanya program-program bonus karyawan yang dilakukan oleh beberapa perusahaan. 

Halomoan sendiri mengklaim tren kenaikan permintaan yang demikian sudah mulai dirasakan oleh mobil88 sejak awal Desember 2019 lalu. “Kenaikannya sekitar 7% dibandingkan bulan November,”kata Halomoan kepada Kontan.co.id (20/12).

Halomoan tidak menyebutkan rincian volume unit kendaraan yang terjual, namun sejauh ini penjualan mobil bekas di bulan Desember 2019 masih didominasi oleh segmen kendaraan serbaguna atau Multi Purpose Vehicel (MPV) dengan porsi sekitar 40% dari total penjualan.mn

Sementara itu, sekitar 60% sisanya berasal dari penjualan segmen-segmen kendaraan lain dengan rincian Sport Utility Vehicle (SUV) 25%, Sedan 10%, dan mobil kompak atau compact car 25%.

“Saat ini memang orientasi customer masih di MPV karena bisa digunakan untuk berbagai aktivitas,” jelas Halomoan kepada Kontan.co.id (22/12).

Baca Juga: SUV Anyar dari berbagai APM Siap Mengaspal Tahun Depan

Menurut keterangan Halomoan, sejauh ini tren kenaikan permintaan mobil bekas menjelang akhir tahun tidak diikuti dengan adanya perubahan dari sisi harga pada mobil bekas yang ada.

Sebagai informasi, mobil88 merupakan anak usaha Astra yang menjual mobil bekas. Berdasarkan informasi yang terdapat pada situs resmi perusahaan, saat ini mobil88 memiliki 20 jaringan showroom yang tersebar di 10 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bandung, Palembang, Pekanbaru, Medan, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, dan Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×