kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski ketat, pasar Hatchback tetap memikat


Jumat, 21 Januari 2011 / 10:31 WIB
Meski ketat, pasar Hatchback tetap memikat


Reporter: Yudo Widiyanto | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Pasar mobil sedan berpantat tepos (hatchback) makin menggiurkan. Meski pangsa pasarnya tak sebesar multi-purpose vehicle (MPV) atau mobil multiguna, potensi pertumbuhannya cukup besar. Tak mengherankan jika banyak pemain yang masuk ke segmen ini berhasil membukukan kinerja nan ciamik.

PT Ford Motor Indonesia (FMI), misalnya. Meski baru meluncurkan hatchback anyarnya, yakni Ford Fiesta November, 2010 lalu, penjualan mobil yang dipasarkan dengan harga Rp 167 jutaan per unit ini lumayan sukses.

Hingga Januari 2011 ini, Ford telah menjual Fiesta sebanyak 1.485 unit. Dengan penjualan sebanyak itu, Ford mengklaim telah menguasai 10% pangsa pasar mobil hatchback di Indonesia. "Pasar hatchback sangat potensial," kata Will Angove, Presiden Direktur FMI, Kamis (20/1).

Will mengklaim, saat ini Ford Fiesta berada di peringkat ketiga setelah Honda Jazz dan Toyota Yaris. Will, menargetkan, tahun ini Ford Fiesta bisa menyodok hingga ke peringkat kedua. "Kami yakin bisa bertumbuh hingga peringkat kedua," ujarnya, "Kini Ford Fiesta menjadi andalah selain produk Ford Ranger kami," katanya.

Demi mencapai target tersebut, FMI akan menambah delapan dealer resmi di sejumlah daerah, seperti Bogor, Tangerang, Bekasi hingga Manokwari di Papua. Untuk memperkuat jaringan dealer ini FMI telah menyiapkan dana senilai Rp 30 miliar.

Saat ini FMI memiliki 32 dealer yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Meski semakin banyak pemain yang agresif merangsek ke pasar hatchback, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengaku pihaknya tak khawatir. Ia mengklaim, Honda Jazz kini menguasai 42% pangsa pasar hatchback dengan total penjualan 22.758 unit di tahun lalu.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, penjualan hatchback tahun 2010 mencapai 54.258 unit, tumbuh 7,43% dibanding 2009. Hampir semua agen tunggal pemegang merek (ATPM) masuk ke segmen ini. Seperti, Honda, Toyota, Suzuki, Mazda, Nissan, dan terakhir Ford.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×