kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Michelin klaim ban radialnya lebih hemat BBM 7%


Jumat, 01 November 2013 / 13:20 WIB
Michelin klaim ban radialnya lebih hemat BBM 7%
ILUSTRASI. Berikut pilihan warna keramik yang cocok digunakan di dapur. Foto:?Instagram @temzalondon


Reporter: Hendra Gunawan | Editor: Hendra Gunawan

BOGOR. Untuk mendukung penghematan energi di segmen kendaraan komersial, PT Michelin Indonesia melakukan kegiatan fuel consumption test. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari 30 Oktober-31 Oktober 2013 itu menguji kemampuan dua jenis ban, yakni ban bias dan ban radial milik Michelin Agilis HD.

Kegiatan fuel consumption test ini menggunakan jalur Tol Sentul-Bogor sepanjang 60 kilometer dan melibatkan dua truck sebagai penguji.

Oleh Michelin kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahapan. Pada tahap pertama, dilakukan pengujian tingkat penghematan bahan bakar minyak (BBM) pada dua truk yang menggunakan ban sejenis. Selanjutnya di tahap kedua dilakukan perbandingan tingkat penghematan BBM pada truk 1 yang menggunakan ban radial Michelin Agilis HD dengan truk 2 yang memakai ban bias.

Pada tahap ketiga, untuk mendukung hasil pengujian tahap kedua maka ban kedua truk dipindahkan. Truk 1 yang semula menggunakan ban radial Michelin Agilis HD memakai ban biasa. Sementara truk 2 menggunakan ban radial Michelin Agilis. Setelah itu akan diukur kembali tingkat penghematan bahan bakar dari kedua truk yang menggunakan dua jenis ban yang berbeda tersebut.

Selama periode pengujian tersebut, kedua truk dengan bobot yang sama melakukan 4 putaran, dimana setiap putaran berjarak 60 km. Dari hasil ujicoba tersebut dihasilkan bahwa ban radial Michelin Agilis HD dapat menghemat BBM hingga 7% dibandingkan ban bias.

"Jika kita lihat secara keseluruhan, maka penggunaan ban radial lebih menguntungkan, khususnya untuk kendaraan komersial seperti truk dan bus," kata Country Director PT Michelin Indonesia (PTMI), Jean Charles Simon di Sentul, Kamis (31/10).

Sayang, Jean tidak mengungkapkan berapa penjualan ban Michelin untuk segmen komersial ini. Yang jelas kata dia, kebutuhan kendaraan komersial di Indonesia terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi.

Selama periode Januari-September 2013, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), total penjualan kendaraan komersial mencapai 273.112 unit. Jumlah tersebut setara dengan 30% dari total penjualan kendaraan bermotor di Indonesia selama periode tersebut sebanyak 908.279 unit.

Selain hemat bahan bakar, ban jenis radial ini usia pakainya bisa mencapai 2 tahun atau lebih lama dibandingkan dengan ban jenis bias. Padahal dari sisi harga, perbedaannya tidak terlalu jauh. Jika ban bias dijual sekitar Rp 1,5 juta sedangkan ban radial Rp 1,8 juta-an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×