kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Michelin fokus jualan ban jenis radial


Kamis, 28 Februari 2013 / 17:48 WIB
ILUSTRASI. Film Indonesia terbaru Nussa yang sudah tayang dan bisa disaksikan di bioskop Indonesia.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Hendra Gunawan

Memasuki tahun ketiga operasi di Indonesia, PT Michelin Indonesia (PTMI) terus berupaya untuk meningkatkan pangsa pasar bannya di Indonesia. Salah satunya dengan fokus menjajakan ban berjenis radial. Country Director PT Michelin Indonesia, Jean-Charles Simon menuturkan bahwa potensi penjualan ban radial di negeri ini masih sangat besar.

Pasalnya, sampai hari ini, pasar ban radial di Indonesia masih didominasi oleh kendaraan penumpang. Sementara kendaraan komersial, truk dan bus masih menggunakan ban bias. Kondisi ini, menurutnya sangat berbeda dengan Amerika Serikat dan Eropa. Dimana di dua benua itu, ban radial sudah mendominasi.

Sayangnya Simon, enggan menuturkan target market radial yang ingin dicapai oleh Michelin. Yang jelas kata dia, setidaknya ada tiga keunggulan radial dibandingkan ban lain. Pertama, struktur tapak ban radial lebih menapak pada permukaan jalan, sehingga membuat tingkat keselamatan dalam berkendara menjadi lebih tinggi. Selain itu, jarak ban radial lebih pendek sehingga pengendara dapat bermanuver dengan cepat.

Yang kedua yakni desain ban radial dapat mengurangi daya gesekan, yang otomatis dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Ketiga, ban radial lebih kuat dibandingkan jenis lainnya karena memiliki lapisan sabuk baja. Sehingga umur ban radial menjadi lebih panjang, dan dapat mengurangi biaya operasional perusahaan. "Ban radial dapat memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara, baik di jalan kering maupun basah," tutur Simon dalam rilis yang diterima KONTAN.

Nah untuk memperkuat penjualaan ban radial, Michelin baru-baru ini meluncurkan beberapa produk terbarunya. Seperti untuk segmen truk ringan, Michelin menawarkan dua varian ban Agilis. Agilis HD untuk truk ringan dengan karakteristik medan jarak jauh dan beban berat. Sementara Agilis LT, dirancang untuk truk ringan bahwa mobilitas lebih banyak dilakukan di daerah perkotaan atau jarak pendek, dengan beban tidak terlalu berat. "Agilis LT bisa digunakan untuk pengangkutan produk konsumen di kegiatan usaha minimarket atau UKM," katanya.
 
Sedangkan untuk segmen kendaraan penumpang, Michelin merilis tipe seperti Michelin Energy XM2, yang menawarkan keseimbangan sempurna antara kinerja dan daya tahan, lalu ada Michelin Primacy LC, yang menawarkan kemampuan untuk menyerap kebisingan dan mengurangi penggunaan bahan bakar. Michelin juga meluncurkan Pilot Sport 3 dan Pilot Super Sport yang dirancang khusus untuk mobil sport.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×