kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS953.000 0,85%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Mirae Asset: PPKM mikro memegang peranan kunci sektor ritel


Rabu, 23 Juni 2021 / 23:16 WIB
Mirae Asset: PPKM mikro memegang peranan kunci sektor ritel
ILUSTRASI. Suasana salah satu restoran di Mal dengan penerapan protol kesehatan di Tangerang,

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sektor ritel terus dihadapkan pada tantangan. Salah satunya penerapan PPKM Mikro yang kembali diterapkan pemerintah seiring kenaikan kasus Covid-19.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Christine Natasya menilai dampak Covid-19 terhadap industri ritel Indonesia masih dirasakan secara luas. Meskipun lalu lintas ke peritel mungkin telah pulih cukup signifikan dari level terendah selama wabah pertama Covid-19 di Indonesia.

Karena bukan yang pertama kalinya, ia meyakini peritel dan produsen telah mampu menyesuaikan diri dalam menyikapi PPKM berkepanjangan yang terus berdampak negatif terhadap kinerja.

Baca Juga: Lonjakan corona, pemerintah diminta terus edukasi disiplin protokol kesehatan

Dia melihat perusahaan ritel yang selama ini melakukan pengawasan ketat terhadap biaya, terutama tenanga kerja, perjalanan bisnis, dan biaya sewa akan terus melakukannya selama PPKM terbaru.

"Pendekatan manajemen yang fleksibel sangat penting untuk mengendalikan biaya tenaga kerja, perjalanan bisnis, dan biaya sewa, serta area yang tidak menghasilkan pendapatan," tulisnya dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Rabu (23/6).

Sebabnya, pihaknya juga meyakini bahwa ketidakpastian dari dampak negatif pandemi Covid-19 akan tetap ada di sekitar pelaku ritel jika PPKM terus diterapkan dan vaksin Covid-19 masih berjalan.

Di sisi lain, peluang peritel offline untuk masuk pasar ritel online ada. Terlebih laporan e-Conomy SEA 2019 oleh Google, Temasek, dan Bain & Company bahkan memprediksi bahwa ekonomi internet Indonesia telah berada di jalur yang baik untuk menembus angka US$130 miliar pada tahun 2025.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×