Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten kemasan dan suku cadangnya, PT Mitra Pack Tbk (PTMP) mengincar pertumbuhan omzet 15% pada tahun ini. Optimisme tersebut didorong oleh pemulihan ekonomi yang turut mendorong bisnis para pelanggan perseroan.
Pada tahun 2022, PTMP membukukan pendapatan Rp 136,03 miliar, angka tersebut naik dibandingkan pendapatan di tahun 2021 yang senilai Rp 119,33, kemudian Rp 101,61 miliar pada tahun 2020, dan Rp 105,71 miliar pada tahun 2019.
Seiring dengan pertumbuhan pendapatan, PTMP mampu mencatatkan kenaikan laba menjadi Rp 11,47 miliar pada tahun 2022, berbanding Rp 4,71 miliar pada tahun 2021, Rp 2,93 miliar tahun 2020, dan Rp 1,61 miliar tahun 2019.
Direktur Utama Mitra Pack Ardi Kusuma mengatakan tahun 2022 secara keseluruhan adalah tahun pemulihan ekonomi. Beberapa pelanggan utama PTMP sedang mempertimbangkan proyek ekspansi, yang juga menunjukkan prospek positif untuk tahun 2023 mendatang.
Baca Juga: Hoffmen Cleanindo (KING) Optimis Target Pendapatan 2023 Bisa Terpenuhi
“Pelanggan besar PTMP berasal dari berbagai industri, seperti makanan olahan, minuman, petrokimia, kosmetik, hingga kesehatan dan farmasi,” ungkap Ardi, dalam keterangan resminya, Senin (26/6).
Dia melanjutkan, selain makanan dan minuman terdapat pertumbuhan permintaan kemasan yang signifikan di sektor farmasi, logistik, dan juga industri rumah tangga. Hal ini menjadi potensi perseroan untuk dapat membantu melayani pelanggan ke depannya.
"Secara umum industri perdagangan barang-barang industri pengemasan di Indonesia pada tahun 2022 melalui apa yang bisa dinamakan proses rebound secara perlahan tapi pasti, setelah mengalami stagnasi di masa-masa pandemi Covid-19," tambahnya.
Indonesia masih tergolong salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang baik didukung berbagai program kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional. Oleh karena itu, manajemen PTMP masih melihat prospek yang cukup potensial dalam industri pengemasan dalam negeri.
PTMP juga melakukan penambahan produk baru melalui entitas anak perseroan, yakni PT Master Print. Produk baru mencakup Fiber Food Grade Absorbent Tissue Towel for Industrial purposes in Food Factory, Horeca (hotel, restoran, cafe), dan Sausage Cellulose casings.
Baca Juga: El Nino Pengaruhi Kinerja Operasional United Tractors (UNTR) Sepanjang Mei 2023
“PTMP membentuk aliansi strategis untuk ekspansi bisnis baru. Perseroan telah melakukan penjajakan untuk melakukan aliansi strategis pengembangan produk lokal untuk menambah portofolio bisnis perseroan,” sebut Ardi.
Di sisi lain, PTMP juga melakukan pengembangan kapabilitas dan optimasi portofolio. Perseroan telah mengembangkan kapabilitas in house R&D dan inovasi untuk menjawab tantangan operasional.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News