kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitsubishi menanti regulasi kendaraan listrik


Senin, 22 April 2019 / 16:21 WIB
Mitsubishi menanti regulasi kendaraan listrik


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Kendaraan listrik sebentar lagi bakal mengisi jalanan tanah air, saat in para pelaku industri tengah menanti kepastian regulasinya. Seperti diketahui Peraturan Presiden (Pepres) tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV) untuk Transportasi Jalan diwacanakan akan kelar di tahun ini.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tak menampik bahwa trend dunia otomotif memang menuju ke arah kendaraan listrik. "Begitu regulasinya keluar tentu industri bakal merespon," ujar Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI ditemui saat pembukaan diler baru Mitsubishi, Senin (22/4).

Manajemen belum dapat memproyeksi bagaimana porsi penjualan nantinya setelah kendaraan listrik diatur di Indonesia. Yang jelas kata Irwan, Mitsubishi Indonesia tengah bekerjasama dengan berbagai divisi produksinya dan departemen terkait untuk menguji kelayakan kepada beberapa unit kendaraan listrik milik Mitsubishi.

Asal tahu saja, Mitsubishi memiliki beberapa produk mobil listrik yang sudah sering menjadi sorotan. Mulai dari city car full electric i-MiEV, sampai dari segmen SUV, yakni Outlander Plug-in Hybrid Electric Vehicle.

Selain regulasi yang baik, Irwan juga menggarisbawahi kebutuhan akan infrastruktur pengisian bahan bakar kendaraan listrik. "Selain itu juga diharapkan pemerintah dapat memberikan insentif dari segi impor komponen, pajak dan lainnya. Sebab tanpa support pemerintah harga tentu sulit terjangkau," sebutnya.

Menurut Irwan, pemerintah tak perlu ragu dalam menetapkan insentif karena di negara-negara maju lainnya hal tersebut telah dilakukan. Adapun Mitsubishi mengaku sangat siap dalam memproduksi dan memasarkan kendaraan listrik tersebut.

Adapun saat ini MMKSI saat ini tengah fokus memantapkan bisnisnya di segmen mobil penumpang. Capaian perusahaan sepanjang kuartal pertama tahun 2019 (Januari-Maret) terbilang positif dengan hasil penjualan kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors dari dealer ke konsumen (retail sales) mencapai 34.100 unit dan kontribusi terbesar pada hasil tersebut berasal dari penjualan Multi Purpose Vehicle (MPV) Mitsubishi Xpander.

Xpander berhasil mendominasi 31,4% segmen small MPV pada basis retail dengan total penjualan sebesar 17,902 unit. Sementara penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi dari diler ke konsumen juga mendapatkan capaian pada periode Januari-Maret 2019 dengan penjualan sebesar 10,537 unit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×