kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45990,57   -3,59   -0.36%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MNC Land (KPIG) Gencar Mengembangkan Bisnis Perhotelan di Tahun 2022


Minggu, 24 Juli 2022 / 14:07 WIB
MNC Land (KPIG) Gencar Mengembangkan Bisnis Perhotelan di Tahun 2022
ILUSTRASI. PT MNC Land Tbk (KPIG) masih terus berupaya memperkuat lini bisnis perhotelan di sisa tahun 2022.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MNC Land Tbk (KPIG) masih terus berupaya memperkuat lini bisnis perhotelan di sisa tahun 2022, setelah meresmikan operasional hotel mewah Park Hyatt Jakarta pada 8 Juli lalu.

Direktur MNC Land Natalia Cecilia Tanudjaja mengatakan, pihaknya telah menggelontorkan dana investasi sebesar Rp 2,8 triliun untuk membangun Park Hyatt Jakarta. Nilai tersebut belum termasuk kebutuhan investasi lahan. Adapun sumber pendanaan MNC Land untuk mengembangkan Park Hyatt Jakarta berasal dari dana internal perusahaan dan pinjaman perbankan.

Asal tahu saja, MNC Land berkolaborasi dengan Hyatt Hotel Corporation untuk mengembangkan Park Hyatt Jakarta. Hotel ini menempati 17 lantai teratas dari Park Tower yang didukung oleh kemudahan akses menuju jantung kota Jakarta.

Baca Juga: MNC Group Memperkuat Bisnis Hotel, Begini Rencana Ekspansinya

Park Hyatt Jakarta menambah banyak portofolio bisnis MNC Land di sektor hospitality. Di samping hotel tersebut, MNC Land juga telah mengelola MNC Bali Resort, The Westin Resort, Oakwood Hotel & Residence, Next Hotel Yogyakarta, Lido Lake Resort dan Lido Adventure Park.

Natalia menyebut, per Maret 2022, kontribusi pendapatan dari bidang perhotelan tercatat sebesar 26% terhadap total pendapatan MNC Land. 

“Diharapkan dengan terkendalinya situasi pandemi dan bisnis perhotelan yang berangsur kembali normal, maka kontribusi dari bidang perhotelan dapat kembali meningkat ke level 50%-55%,” ungkap dia, Jumat (22/7).

Usai pengembangan Park Hyatt Jakarta, Manajemen MNC Land dalam waktu dekat akan melakukan penambahan sebanyak 125 kamar di Lido Lake Resort dan fasilitas lainnya yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City. 

Selain itu, nantinya akan ada pembangunan hotel bintang 3 sampai bintang 5 di KEK MNC Lido City dengan jumlah kamar mencapai 5.000 kamar.

Sayangnya, pihak MNC Land tidak membeberkan besaran investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan bisnis hotel tersebut.

Baca Juga: Park Hyatt Jakarta Milik MNC Land (KPIG) Resmi Beroperasi Secara Komersial

Tak hanya itu, MNC Land juga terlibat dalam kegiatan-kegiatan Presidensi G20 Indonesia. Dalam hal ini, kegiatan puncak G20 di bulan November mendatang akan berlangsung di hotel milik MNC Land, yakni The Westin Resort yang berada di Nusa Dua, Bali.

Secara umum, MNC Land menilai bisnis perhotelan di sisa tahun ini tampak semakin membaik berkat terkendalinya pandemi Covid-19 di Indonesia, pembukaan kembali penerbangan internasional, serta diadakannya berbagai acara bertaraf internasional di dalam negeri. Saat ini pun rata-rata tingkat okupansi di hotel-hotel MNC Land sudah di atas 70%.

“Harapannya tingkat okupansi tersebut akan semakin membaik seiring dengan pemulihan di sektor perhotelan dan pariwisata,” tandas Natalia.

Pada tiga bulan pertama 2022, pendapatan neto MNC Land tumbuh 24,85% year on year (yoy) menjadi Rp 194,34 miliar. MNC Land juga berhasil mengubah rugi bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 28,13 miliar di kuartal I-2021 menjadi laba bersih sebesar Rp 123,04 miliar di kuartal I-2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×